Pengaruh Kemampuan Keruangan Dan Sikap Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Hidrokarbon Yang Menerapkan Pendekatan Saintifik Peserta Didik Kelas Xi Sma Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

AKOIT, Filiberti Melania Banu (2017) Pengaruh Kemampuan Keruangan Dan Sikap Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Hidrokarbon Yang Menerapkan Pendekatan Saintifik Peserta Didik Kelas Xi Sma Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (698kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (159kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (2) Bagaimana kemampuan keruangan peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (3) Bagaimana sikap ilmiah peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (4) Adakah hubungan kemampuan keruangan dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (5) Adakah pengaruh kemampuan keruangan dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018? Tujuan utama penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018 (2) Untuk mengetahui kemampuan keruangan peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018 (3) Untuk mengetahui sikap ilmiah peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018 (4) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kemampuan keruangan dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018 (5) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan keruangan dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018. Dari Analisis data dipeoleh: (1) Penerapan pendekatan saintifik efektif pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang (2) Kemampuan keruangan peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang termasuk dalam kategori sangat unggul dengan nilai rata-rata TPA kemampuan keruangan sebesar 646 (3) Sikap ilmiah peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai ratarata 87,44 (4) Adanya hubungan antara kemampuan keruangan dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1x2y) = 0,7256 dan nilai koefisien determinansi (D) = 52,65%, serta nilai ≥ atau 20,019 ≥ 3,259 (5) Adanya pengaruh antara kemampuan keruangan dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018, dengah hasil penelitian menunjukan pengaruh kemampuan keruangan dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik diterangkan oleh persamaan regresinya Ŷ = 36,2502 + 0,1163(X1) + 0,4461(X2) dan nilai F hitung ≥ F tabel atau 20,015 ≥ 3,259.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Keruangan, Sikap Ilmiah, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 21 Sep 2022 00:20
Last Modified: 21 Sep 2022 00:20
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9113

Actions (login required)

View Item View Item