FALLO, Veryanto Yosias (2017) Komparasi Hasil Belajar Siswa Pada Berbagai Kemampuan Penalaran Formal Materi Pokok Larutan Penyangga Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Kelas Xi Ipa 2 Dan Xi Ipa 3 Sma Negeri 1 Kupang Barat Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (998kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (308kB) |
Abstract
Kemampuan penalaran formal merupakan kemampuan bagian dari berpikir tingkat tinggi, yaitu kemampuan berpikir yang didasarkan pada suatu kebenaran yang logis dan dapat matematis, karena kemampuan penalaran formal adalah level tertinggi pada perkembangan kognitif. Pada level ini seseorang telah mampu berpikir hipotesis deduktif dan induktif, berpikir menggunakan proporsi dan perbandingan berdasarkan prinsip prbabilitas, mampu mengontrol variabel, berpikir secara abstrak, serta menggunakan segala pertimbangan yang ada dalam memecahkan masalah. Pembelajaran berbasis masalah adalah suatu model pembelajaran yang menekankan pada proses pemecahan masalah autentik secara mandiri maupun kolaborasi yang bertujuan untuk mengonstruksi struktur kognitif mereka sendiri, terutama dalam pemecahan masalah, meningkatkan keterampilan intelektual, mempelajari berbagai peran orang dewasa melalui keterlibatan dalam pengalaman nyata atau simulasi, dan menjadi pembelajaran yang otonom dan mandiri. Masalah utama dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok larutan penyangga untuk siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 SMA NEGERI 1 KUPANG BARAT Tahun pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana kemampuan penalaran formal siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 SMA NEGERI 1 KUPANG BARAT Tahun pelajaran 2016 /2017? (3)Adakah perbedaan hasil belajar dari berbagai kemampuan penalaran formal dalam pembelajaran kimia dengan menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok Larutan penyangga untuk siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 SMA NEGERI 1 KUPANG BARAT Tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan efektifitas penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok Larutan penyangga untuk siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 SMA NEGERI 1 KUPANG BARAT. 2) Mendeskripsikan kemampuan penalaran formal terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 SMA NEGERI 1 KUPANG BARAT 2016/2017 dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok Larutan penyangga, 3) Mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar dari berbagai penalaran formal dalam pembelajaran kimia dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok Larutan penyangga untuk siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 SMA NEGERI 1 KUPANG BARAT 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 SMA NEGERI 1 KUPANG BARAT berjumlah 52 orang. Jenis penelitian deskriptif dan komparatif. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah efektif. pada materi pokok larutan penyangga untuk siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 SMA Negeri 1 Kupang Barat Tahun ajaran 2016/2017. 2) Kemampuan penalaran formal Kemampuan penalaran formal siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 SMA Negeri 1 Kupang Barat Kupang Barat dengan nilai rata-rata tes kemampuan penalaran formal sebesar 48,00 termasuk dalam kategori awal formal. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menalar formal dan siswa yang belum menalar formal pada pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah materi pokok larutan penyangga untuk siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 SMA Negeri 1 Kupang Barat Tahun pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komparasi, Penalaran Formal, Model Pembelajaran, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 00:21 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 00:21 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9123 |
Actions (login required)
View Item |