Pengaruh Rasa Ingin Tahu Dan Kemampuan Evaluasi Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia Dengan Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Peserta Didik Kelas X IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

MAUN, Maria Yoandarta I. (2018) Pengaruh Rasa Ingin Tahu Dan Kemampuan Evaluasi Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia Dengan Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Peserta Didik Kelas X IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
halaman depan fix.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (135kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB II.pdf

Download (389kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB III.pdf

Download (364kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB IV.pdf

Download (365kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB V.pdf

Download (126kB)

Abstract

Rasa ingin tahu adalah sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat dan didengar. Kemampuan evaluasi adalah kemampuan untuk membuat pertimbangan terhadap suatu kondisi dan mampu memilih sesuai kriteria yang ada. Pendekatan Inkuiri terbimbing merupakan suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri. Proses pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing dirancang sedemikian rupa agar peserta didik aktif dalam pembelajaran melalui tahapan-tahapan identifikasi dan klasifikasi masalah, rumusan masalah, mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengambil kesimpulan. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (2) Bagaimana rasa ingin tahu peserta didik kelas X IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (3) Bagaimana kemampuan evaluasi peserta didik kelas X IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (4) Adakah hubungan rasa ingin tahu dan kemampuan evaluasi dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (5) Adakah pengaruh rasa ingin tahu dan kemampuan evaluasi terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok hukum-hukum dasar kimia kelas X IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? Tujuan utama dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui efektifitas penerapan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (2) Mengetahui rasa ingin tahu peserta didik kelas X IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (3) Mengetahui kemampuan evaluasi peserta didik kelas X IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (4) Mengetahui ada tidaknya hubungan rasa ingin tahu dan kemampuan evaluasi dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (5) Mengetahui ada tidaknya pengaruh rasa ingin tahu dan kemampuan evaluasi terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018. Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan pendekatan inkuiri terbimbing efektif untuk materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (2) Rasa ingin tahu peserta didik kelas X IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata persentase sebesar 83,44% (3) Kemampuan evaluasi peserta didik kelas X IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata nilai kemampuan evaluasi sebesar 84(4) Ada hubungan antara rasa ingin tahu dan kemampuan evaluasi terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 dengan koefisien korelasi = 0,998 (5) Ada pengaruh antara rasa ingin tahu dan kemampuan evaluasi terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 dengan persamaan regresi ganda = Y ˆ 0,178 + 0,613 X1 + 0,419 X2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rasa Ingin Tahu, Kemampuan Evaluasi, Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Peserta Didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 05 Dec 2019 05:19
Last Modified: 05 Dec 2019 05:19
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/913

Actions (login required)

View Item View Item