Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Laju Reaksi Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Peserta Didik Kelas Xi Mia V Sma Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

NULE, Beatrix Kristiani (2017) Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Laju Reaksi Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Peserta Didik Kelas Xi Mia V Sma Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (151kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (2) Bagaimana kecerdasan emosional peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/ 2018? (3) Bagaimana motivasi peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/ 2018? (4) Adakah hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan inkuri terbimbing pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (5) Adakah pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan inkuri terbimbing pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/2018? Tujuan utama penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui kecerdasan emosional peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/ 2018. (3) Untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/ 2018. (4) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan inkuri terbimbing pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/ 2018. (5) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan inkuri terbimbing pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/ 2018. Dari analisis data diperoleh: (1) Penerapan pendekatan inkuiri terbimbing efektif pada materi pokok laju reaksi pada peserta didik kelas XI MIA 5 SMAN 4 Kupang tahun ajaran 2017/2018. (2) kecerdasan emosional peserta didik kelas XI MIA 5 SMAN 4 Kupang memiliki nilai rata-rata angket kecerdasan emosional sebesar 82,23 termasuk dalam kategori baik. (3) motivasi belajar peserta didik kelas XI MIA 5 SMAN 4 Kupang dengan skor rata-rata sebesar 76,3 termasuk kategori sangat baik. (4) Ada hubungan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 5 SMAN 4 tahun ajaran 2017/2018 dengan korelasi ganda diperoleh nilai rx1x2y = 0,72. (5) Ada pengaruh antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 5 SMAN 4 tahun ajaran 2017/2018 yang diperoleh dari persamaan garis regresi ganda = 51,412 + 0,18831 + 0,22592.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional, motivasi belajar, Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 21 Sep 2022 00:24
Last Modified: 21 Sep 2022 00:24
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9130

Actions (login required)

View Item View Item