Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Pembelajaran Ipa Biologi Materi Pokok Ekosistem Pada Siswa Kelas VII Di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2013/ 2014

DALA, Dominika (2014) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Pembelajaran Ipa Biologi Materi Pokok Ekosistem Pada Siswa Kelas VII Di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2013/ 2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (578kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (128kB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang menuntut kerja sama dimana siswa belajar dalam kelompok kecil, saling membantu untuk memahami suatu pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif dalam penelitian ini diterapkan pada materi pokok ekosistem. Masalah pokok pada penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together efektif Terhadap meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Angkasa penfui Kupang materi Pokok ekosistem Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Numbered Heads Together (NHT) Terhadap pembelajaran IPA Biologi materi pokok ekosistem pada siswa kelas VII di SMP Angasa penfui kupang Tahun ajara 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Angaka Penfui Kupang. Subjek dalam peneliti ini adalah VII B. Desain penelitian yang di gunakan One-Group Pretest-Posttes Desain dan analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitiannya adalah: (1) Hasil belajar siswa mencapai rata-rata 87,38% (2) Ketuntasan klasikal 95,24% (3) Proporsi indikator rata-rata 0,83 (4) Sensitivitas butir soal 0,45 (5) Kemampuan guru sangat baik dengan skor rata-rata 3,57 (6)Aktivitas siswa sangat baik dengan aktivitas paling menonjol adalah berdiskusi untuk mengerjakan LKS yaitu mencapai 26,49% yang secara kualitatif menjawab tujuan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran NHT. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif pendekatan Numered heasds together efektif Terhadap peningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada materi ekosistem di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together, Hasil Belajar, Ekosistem.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.KM Ustyn Ceme
Date Deposited: 21 Sep 2022 00:28
Last Modified: 21 Sep 2022 00:28
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9133

Actions (login required)

View Item View Item