Komparasi Hasil Belajar Pada Berbagai Gaya Belajar Materi Pokok Koloid Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Peserta Didik Kelas Xl Sma Katolik Sint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017

HAYON, Yohana Anjelina Bota (2017) Komparasi Hasil Belajar Pada Berbagai Gaya Belajar Materi Pokok Koloid Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Peserta Didik Kelas Xl Sma Katolik Sint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
1.pdf

Download (591kB)
[img] Text
2.pdf

Download (168kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (877kB)
[img] Text
6.pdf

Download (171kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta empirik dalam proses belajar mengajar maupun hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang. Pendekatan inkuiri merupakan suatu teknik atau strategi pembelajaran yang digunakan guru untuk merangsang peserta didik untuk lebih aktif mencari, meneliti serta menemukan sendiri pemecahan masalah tentang pengetahuan yang sedang dipelajari. Tujuan dari Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas pendekatan inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok koloid peserta didik kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang tahun ajaran 2016/2017. (2) untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa pada berbagai gaya belajar dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok koloid siswa kelas XI SMA Katolik Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan komparasi. Populasi dan sampel adalah peserta didik kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan kemampuan guru mengelolah pembelajaran, lembar observasi dan angket penilaian diri sikap spiritual (KI 1) dan sikap sosial (KI 2), tes hasil belajar berupa kuis, tugas dan ulangan untuk aspek pengetahuan (KI 3), lembar observasi psikomotor, presentasi dan lembar penilaian portofolio untuk aspek ketrampilan (KI 4). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Pendekatan inkuiri terbimbing efektif terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok koloid peserta didik kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang tahun ajaran 2016/2017. (2)tidak ada perbedaan antara hasil belajar terhadap berbagai gaya belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 21 Sep 2022 00:30
Last Modified: 21 Sep 2022 00:30
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9136

Actions (login required)

View Item View Item