Pengaruh Sikap Tanggung Jawab Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pokok Hukum- Hukum Dasar Kimia Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas X MIA 1 SMA Negeri 4 Kota Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

ABANI, Noviyanti S. B (2018) Pengaruh Sikap Tanggung Jawab Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pokok Hukum- Hukum Dasar Kimia Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas X MIA 1 SMA Negeri 4 Kota Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
Abstrack.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (52kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (129kB)

Abstract

Tanggung jawab merupakan kesadaran akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja atau yang tidak disengaja. Motivasi Ekstrinsik dorongan yang datangnya disebabkan oleh factor –faktor di luar diri peserta didik seperti adanya pemberian nasihat dari gurunya, hadiah, kompetisi sehat antar peserta didik, hukuman dan sebagainya Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada struktur-struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola-pola interaksi peserta didik dalam memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan isi akademik. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (2) Bagaimana sikap tanggung jawab siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (3) Bagaimana motivasi ekstrinsik siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (4) Adakah hubungan sikap tanggung jawab dan motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (5) Adakah pengaruh sikap tanggung jawab dan motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi hukum-hukum dasar kimia siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/2018? Tujuan utama penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/2018 (2) Untuk mengetahui sikap tanggung jawab siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/2018 (3) Untuk mengetahui motivasi ekstrinsik siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/2018 (4) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan sikap tanggung jawab dan motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/2018 (5) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh sikap tanggung jawab dan motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/2018. Dari Analisis data diperoleh: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT efektif pada materi pokok sistem koloid siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 4 Kupang (2) Sikap Tanggung jawab siswa kelsa X MIA`1 SMA Negeri $ Kpang termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 77 atau presentasenya 77% (3) Motivasi Ekstrinsik siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 4 Kupang termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-78 atau presentasenya 78% (4) Adanya hubungan antara gaya kognitif dan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1x2y) = 0,965 dan nilai koefisien determinansi (D) = 93%, serta nilai F ≥ F atau 218,442> 3,30 (5) Adanya pengaruh antara gaya kognitif dan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017, dengah hasil penelitian menunjukan pengaruh gaya kognitif dan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa diterangkan oleh persamaan regresinya Ŷ = 17,184+ 0,398X1 + 0,452 X2 dan nilai F hitung ≥ F tabel atau 218,,442 ≥ 3,30

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab, Motivasi Ekstrinsik, Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 08 Nov 2019 03:51
Last Modified: 08 Nov 2019 03:51
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/914

Actions (login required)

View Item View Item