Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII Materi Pokok Organisasi Kehidupan Di SMP Swasta Diakui Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2013/ 2014

KURNIA, Elisabeth (2014) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII Materi Pokok Organisasi Kehidupan Di SMP Swasta Diakui Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2013/ 2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (42kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (29kB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang diyakini dapat membentuk karakter siswa dan untuk meningkatkan kerja sama antara siswa, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar namun terhadap materi organisasi kehidupan belum diketahui karena belum tersedia data yang memadai oleh karena itu perlu melakukan penelitian. Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah penerapan model pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together (NHT) Efektif Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VI1 Materi Pokok Organisasi Kehidupan Di SMP Swasta Diakui Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa kelas VII materi pokok organisasi kehidupan di SMP Swasta Diakui Adhyaksa 2 Kupang Tahun ajaran 2013/2014. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas VII B. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design dengan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Rerata ketuntasan belajar siswa perindividu dari pemberian Tes Hasil Belajar mencapai 89,6 (2) Ketuntasan klasikal 100% (3) Rerata proporsi indikator 0,91 (4) Sensitivitas butir soal 0,5 (5) Reliabilitas aktivitas siswa 96,30 (6) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran 3,51 (7) Reliabilitas kemampuan aktivitas guru 97,03%. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together efektif terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII materi pokok organisasi kehidupan di SMP Swasta Diakui Adhyaksa 2 Kupang tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Penerapan, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together, Hasil Belajar Siswa, Materi Pokok organisasi kehidupan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.KM Ustyn Ceme
Date Deposited: 21 Sep 2022 00:38
Last Modified: 21 Sep 2022 00:38
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9142

Actions (login required)

View Item View Item