Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Hidrokarbon Dengan Pendekatan Penemuan (Discovery Learning) Pada Siswa Kelas X Sma Swasta Sudirman Kupang Tahun Ajaran 2016/2017

DE BENNY, Arcansia Lestari (2017) Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Hidrokarbon Dengan Pendekatan Penemuan (Discovery Learning) Pada Siswa Kelas X Sma Swasta Sudirman Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (520kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (865kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta empirik dalam proses belajar mengajar maupun hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SMA Swasta Sudirman Kupang. Pendekatan pembelajaran penemuan pada dasarnya merupakan ide piaget yang dikembangkan burner dengan menyatakan bahwa anak harus berperan aktif dalam pembelajaran di kelas. Burner menciptakan prosedur yang di sebutnya pendekatan penemuan. Prosedur ini mendorong peserta didik untuk menemukan sendiri sehingga anak dapat terlibat aktif dalam proses pembelajaran.Tujuan dari Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas pendekatan penemuan terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas X SMA Swasta Sudirman Kupang tahun pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui kecerdasan emosional peserta didik kelas X SMA Swasta Sudirman Kupang. (3) Untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik kelas X SMA Swasta Sudirman Kupang. (4a) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Swasta Sudirman Kupang.(4b) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Swasta Sudirman Kupang. (4c) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Swasta Sudirman Kupang. (5a) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara kecerdsaan emosional dengan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Swasta Sudirman Kupang.(5b)Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Swasta Sudirman Kupang.(5c) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Swasta Sudirman Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi dan sampel adalah peserta didik kelas X SMA Swasta Sudirman Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan kemampuan guru mengelolah pembelajaran, lembar observasi dan angket penilaian diri sikap spiritual (KI 1) dan sikap sosial (KI 2), tes hasil belajar berupa kuis, tugas dan ulangan untuk aspek pengetahuan (KI 3), lembar observasi psikomotor, presentasi dan lembar penilaian portofolio untuk aspek keterampilan (KI 4), angket kecerdasan emosional dan angket motivasi belajar. Dari hasil analisis data diperoleh: (1) Pendekatan penemuan efektif terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas X SMA Swasta Sudirman Kupang tahun pelajaran 2016/2017. (2) Kecerdsan emosional peserta didik kelas X SMA Swasta Sudirman Kupang baik dengan presentase rata-rata angket kecerdasan emosional sebesar 79.94. (3) Motivasi belajar peserta didik kelas X SMA Swasta Sudirman Kupang baik dengan presentase rata-rata angket motivasi belajar sebesar 75,85. (4a) Ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan penemuan pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas X SMA Swasta Sudirman Kupang tahun ajaran 2016/2017 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1y)=0,823 (4b) Ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan penemuan pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas X SMA Swasta Sudirman Kupang tahun ajaran 2016/2017 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx2y) = 0,64.(4c) Ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan penemuan pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas X SMA Swasta Sudirman Kupang tahun ajaran 2016/2017 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1x2y) = 0,853. (5a) Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional yang dengan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan penemuan pada materi pokok hidrokarbon dengan persamaan regresi yang diperoleh. (5b) Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan penemuan pada materi pokok hidrokarbon dengan persamaan regresi yang diperoleh. (5c) Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan penemuan pada materi pokok hidrokarbon dengan nilai regresi 0,70 dan memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 49% dengan persamaan regresi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar, Pendekatan Penemuan, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 21 Sep 2022 03:08
Last Modified: 21 Sep 2022 03:08
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9185

Actions (login required)

View Item View Item