Pengaruh Kemampuan Penalaran Formal Dan Ketelitian Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi pokok Stoikiometri Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Team Assited Individualization) Peserta Didik Kelas X Ipa Vii Sma Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017

MAU, Yasintha Marciana (2017) Pengaruh Kemampuan Penalaran Formal Dan Ketelitian Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi pokok Stoikiometri Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Team Assited Individualization) Peserta Didik Kelas X Ipa Vii Sma Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (779kB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (372kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
06 BAB V.docx

Download (23kB)

Abstract

Penalaran formal adalah suatu proses berpikir untuk melakukan penarikan sebuah konklusi atau kesimpulan terhadap suatu masalah yang berupa pengetahuan. Model pembelajaran kooperatif tipe TAI yang berdasarkan pandangan kontruktivisme, pada dasarnya peserta didik memasuki kelas dengan bekal pengetahuan, keterampilan dan motivasi awal yang berbeda-beda. Ketelitian merupakan kemampuan peserta didik mengungkapkan kemampuannya dalam menalar, menggunakan atau memanipulasi relasi dan menguraikannya secara logis. Masalah utama dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI materi pokok stoikiometri pada peserta didik kelas X IPA VII SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017? 2)Bagaimana kemampuan penalaran formal dan ketelitian peserta didik terhadap hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi pokok stoikiometri, peserta didik kelas X IPA VII SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017? 3) Adakah hubungan kemampuan penalaran formal dan ketelitian peserta didik terhadap hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi pokok stoikiometri, peserta didik kelas X IPA VII SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017? 4) Adakah pengaruh kemampuan penalaran formal dan ketelitian peserta didik terhadap hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi pokok stoikiometri, peserta didik kelas X IPA VII SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/217? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi pokok stoikiometri, peserta didik kelas X IPA VII SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui kemampuan penalaran formal dan ketelitian peserta didik kelas X IPA VII SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017. (3) Untuk mengetahui hubungan kemampuan penalaran formal dan ketelitian peserta didik terhadap hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi pokok konsep mol, peserta didik kelas X IPA VII SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017. (4) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan penalaran formal dan ketelitian peserta didik terhadap hasil belajar kimia dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi pokok konsep mol, peserta didik kelas X IPA VII SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Dari analisis data diperoleh: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI efektif pada materi pokok stoikiometri peserta didik kelas X IPA VII SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 dengan rata-rata 3,457.(2) Kemampuan penalaran formal peserta didik kelas X IPA VII SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 termasuk dalam kategori transisi dengan presentase 38,9%. (3) Ketelitian peserta didik kelas X IPA VII SMA Negeri 5 Kupang termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata ketelitian sebesar 80,00 (4) Ada hubungan antara kemampuan penalaran formal dan ketelitian dengan hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai (5) Ada pengaruh kemampuan penalaran formal dan ketelitian dengan hasil belajar dengan persamaan garis regresi ganda diperoleh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif TAI, Kemampuan Penalaran Formal, Ketelitian.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 21 Sep 2022 03:09
Last Modified: 21 Sep 2022 03:09
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9187

Actions (login required)

View Item View Item