Penerapan Teknik Modeling Simbolis Melalui Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas VIIK SMP Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019)

MEDA, Romanus Reli (2019) Penerapan Teknik Modeling Simbolis Melalui Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas VIIK SMP Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (60kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (25kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah “apakah penerapan teknik modeling simbolis melalui konseling kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada siswa kelas VII K SMP Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2018/2019?”. Tujuan penelitian adalah : untuk mengetahui penerapan teknik modeling simbolis melalui konseling kelompok efektif meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas VIIK SMP Negeri 1 kupang tahun ajaran 2018/2019?”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan tipe penelitian pra-eksperimen.Alat pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t. Hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai t hitung sebesar 13, 324 sedangkan nilai t tabel pada taraf signifikan 1% sebesar 4,604.Dengan demikian maka Hipotesis Nol (Ho)ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima Hal ini menunjukkan bahwa penerapan teknik modeling simbolis melalui konseling kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas VIIK SMP Negeri 1. Berdasarkan hasil analisis ini, maka peneliti memberikan saran kepada : 1. Kepala sekolah sebagai penanggung jawab di sekolah diharapkan dapat mendukung dan memfasilitasi program BK dari guru BK dan dapat melancarkan kegiatan - kegiatan konseling kelompok dengan teknik modeling simbolis untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. 2. Guru BK diharapkan memberikan layanan konseling kelompok pada siswa dengan menggunakan teknik modeling simbolis untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. 3. Guru mata pelajaran diharapkan mendukung dan menginformasikan pada guru BK tentang siswa yang motivasi belajarnya rendah untuk memdapatkan layanan. 4. Siswa diharapkan dapat memanfaatkan atau mengikuti setiap layanan konseling kelompok dengan teknik modeling simbolis dan teknik lainnya yang diberikan oleh guru BK agar dapat meningkatkan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 06 Dec 2019 00:45
Last Modified: 06 Dec 2019 00:45
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/919

Actions (login required)

View Item View Item