Komparasi Hasil Belajar Siswa Pada Berbagai Tipe Karakter Yang Menerapkan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Pada Materi Pokok Sistem Koloid Siswa Kelas Xi Mia Sma Negeri 1 Kupang Timur Tahun Ajaran 2016/2017

NIMUN, Kresensia Sriyanti (2017) Komparasi Hasil Belajar Siswa Pada Berbagai Tipe Karakter Yang Menerapkan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Pada Materi Pokok Sistem Koloid Siswa Kelas Xi Mia Sma Negeri 1 Kupang Timur Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (193kB)

Abstract

Salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar dalam pembelajaran kimia di sekolah adalah, karena guru dan peserta didik sendiri tidak mengetahui tipe karakter apa yang dimilikinya. Tipe karakter adalah organisasi dinamis didalam individu yang terdiri dari sistem-sistem pisikofisik yang merupakan tingkah laku dan pikirannya secara khas dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungan. Tipe karakter dibagi menjadiempat macam, yaitu: tipe karakter sanguinistipe karakter melankolis, tipe karakter koleris dan tipe karakter flegmatis. Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) merupakan salah satu pendekatan pembelajaran dimana proses pembelajaran ini lebih banyak melibatkan kemampuan peserta didik, sehigga peserta didik menjadi lebih aktif dan lebih berperan penting dalam proses pembelajaran. Selain itu Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) juga merupakan pendekatan yang mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penellitian ini yaitu: (1). Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menerapkan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 1 Kupang Timur (2) Untuk mengetahui tipe karakter peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 1 Kupang Timur. (3) Mengetahui ada tidaknya perbandingan hasil belajar peserta didik pada berbagai tipe karakter yang menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI MIA Negeri 1 Kupang Timur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan komparatif. Yang menjadi populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA dan MIA 3 SMA Negeri 1 Kupang Timur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pengelolaan pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL), lembar pengamatan kemampuan psikomotor peserta didik, lembar sikap spiritual peserta didik, lembar sikap sosial peserta didik, Tes Hasil Belajar (THB), lembar aspek psikomotor, lembar angket tipe karakter penggolongan, lembar angket tipe karakter ptesentase. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) termasuk dalam kategori baik dengan skor 3,7. Ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) adalah tuntas dengan rincian untuk keempat aspek: (a) aspek sikap spiritual dengan skor rata-rata 89 (b) Aspek sikap sosial dengan skor rata-rata 86 (c) Aspek kognitif tuntas dengan skor 86,47, (d) Aspek psikomotor tuntas dengan skor 92,19. (2) Siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Kupang Timur yang memiliki tipe karakter sanguinis sebanyak 34 orang dengan rata-rata nilai 90, yang memiliki tipe karakter melankolis sebanyak 23 orang dengan rata-rata nilai 89, dan yang memiliki tipe karakter koleris sebanyak 19 orang dengan nilai rata-rata 87 dan yang memiliki tipe karakter flegmatis sebanyak 14 orang dengan nilai rata-rata 84. (3) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada berbagai tipe karakter yang menerapkan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada materi sistem koloid siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Kupang Timur tahun pelajaran 2016/2017 dengan nilai Fhitung ≥ Ftabel atau `6,90 ≥ 2,72.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tipe Karakter, Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL), dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 21 Sep 2022 03:13
Last Modified: 21 Sep 2022 03:13
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9191

Actions (login required)

View Item View Item