Pengaruh Kemampuan Numerik Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Laju Reaksi Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas Xi 5 Ipa Sman 6 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

SABUNA, Irna (2017) Pengaruh Kemampuan Numerik Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Laju Reaksi Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas Xi 5 Ipa Sman 6 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (967kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (924kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (320kB)

Abstract

Kemampuan Numerik adalah kemampuan dalam hal hitungan angka-angka untuk mengetahui seberapa baik seseorang dapat memahami ide-ide dan konsep yang dinyatakan dalam bentuk angka. Motivasi dapat diartikan sebagai daya penggerak yang ada dalam diri seseorang untuk melakukan ativitas–aktivitas tertentu demi tercapainya suatu tujuan. Pendekatan inkuiri terbimbing adalah suatu cara pembelajaran yang mendorong siswa untuk belajar secara aktif. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. (2) untuk mengetahui kemampuan numeric siswa kelas XI IPA 5 SMAN 6 tahun ajaran 2017/2018, (3) untuk mengetahui motivasi siswa kelas XI IPA 5 SMAN 6 tahun ajaran 2017/2018, (4) (a) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kemampuan numerik dengan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok laju reaksi kelas XI IPA 5 SMAN 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018. (b) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara motivasi dengan hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi kelas XI IPA 5 SMAN 6 tahun ajaran 2017/2018. (c) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kemampuan numeric dan motivasi terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok laju reaksi siswa kelas XI IPA 5 SMAN 6 tahun ajaran 2017/2018. (5) (a) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara kemampuan numerik dengan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok laju reaksi kelas XI IPA 5 SMAN 6 tahun ajaran 2017/2018. (b) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara motivasi dengan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok laju reaksi kelas XI IPA 5 SMAN 6 tahun ajaran 2017/2018.(c) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara kemampuan numeric dan motivasi terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuri terbimbing pada materi pokok laju reaksi kelas XI IPA 5 SMAN 6 tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian deskriptif-asosiatif. Populasi siswa kelas XI IPA 5 SMAN 6 tahun ajaran 2017/2018, sedangkan sampelnya siswa kelas XI IPA 5 SMAN 6 tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 35 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran inkuri terbimbing efektif dalam proses pembelajaran pada materi pokok laju reaksi, yang ditunjukan dengan: (a) Guru mampu mengelola pembelajaran dengan baik dengan skor 3,9, (b) Indikator hasil belajar tuntas yang ditunjukan dengan rata-rata proporsi ketuntasan indikator observasi sikap spritual 0,94, ketuntasan indikator angket sikap spritual 0,90, ketuntasan indikator observasi sikap sosial 0,94, ketuntasan indikator angket sikap sosial 0,84, ketuntasan indikator kognitif 0,82, ketuntasan indikator keterampilan psikomotor 0,90, THB proses sebesar 0,86, presentase sebesar 0,86, dan portofolio sebesar 0,97. (c) Hasil belajar tuntas dengan ketuntasan hasil KI–0,85, KI–2 89,22, KI–3 83,36, KI– 4 72,97, dan ketuntasan hasil belajar secara keseluruhan sebesar 89,86. (2) Kemampuan Numerik siswa kelas XI IPA 5 SMAN 6 Kupang baik dengan nilai sebesar 81,71 (3) Motivasi siswa kelas XI IPA 5 SMAN 6 Kupang baik dengan nilai sebesar 81,71% (4) (a) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan numerik terhadap hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1y) = 0,608 dan nilai thitung ≥ ttabel atau 3,46≥ 2,042. (b) Ada hubungan yang signifikan antara motivasi terhadap hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx2y) = 0,58 dan nilai koefisien determinansi (D) = 33,64% serta nilai thitung ≥ ttabel atau 8,42≥ 3,26. (c) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan numerik dan motivasi terhadap hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai korelasi (rx1x2y) = 0,58 dan nilai koefisien determinansi (D) = 33,64% serta nilai Fhitung ≥ Ftabel atau 8,422≥ 3,26. (5) (a) Ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan numerik terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang diterangkan oleh persamaan regresinya Y = 71,025 + 0,21X1 dan nilai F hitung ≥ F tabel atau 11,74≥ 4,11. (b) Ada pengaruh yang signifiakan antara motivasi terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang diterangkan oleh persamaan regresinya Y = 71,842 + 0,2X2 dan nilai F hitung ≥ F tabel atau 6,966 ≥ 4,113. (c) Ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan numerik dan motivasi terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing diterangkan oleh persamaan regresinya Y = 60,89 + 0,18X1 + 0,15X2 dan nilai F hitung ≥ F tabel atau 8,42≥3,26.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Numerik, Motivasi, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inkuri Terbimbing, Laju Reaksi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 21 Sep 2022 03:24
Last Modified: 21 Sep 2022 03:24
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9198

Actions (login required)

View Item View Item