Tugas Guru Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Menurut Persepsi Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas VIIIT SMP Negeri 2 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019)

NAHAK, Maria Ernalia Hoar (2019) Tugas Guru Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Menurut Persepsi Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas VIIIT SMP Negeri 2 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (791kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (930kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (187kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tugas guru bimbingan dan konseling di sekolah menurut persepsi siswa kelas VIIIT SMP Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tugas guru bimbingan dan konseling di sekolah menurut persepsi siswa kelas VIIIT SMP Negei 2 Kupang tahun pelajar 2018/2019 . populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIIIT SMP Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 27 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah 27 siswa kelas VIIIT SMP Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara tertulis dan alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. teknik analisis data menggunakan rumus kecenderungan pusat. Hasil analisis data, secara umum tugas guru bimbingan dan konseling di sekolah menurut persepsi siswa kelas VIIIT SMP Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 diperoleh skor rata-rata populasi adalah 114,926 yang berada diantara rentangan skor 105-129. Adapun analisis hasil data penelitian ini setiap aspek sebagai berikut, 1) aspek pengembangan kehidupan pribadi diperoleh skor rata-rata populasi adalah 38,444 berada diantara rentangan skor 37-45, 2) aspek kemampuan belajar diperoleh skor rata-rata populasi adalah 41,886 berada diantara rentangan skor 37-45, 3) aspek pengembangan karier diperoleh skor rata-rata populasi adalah 40,611 berada diantara rentangan skor 37-45. Berdasarkan hasil analisis data penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa tugas guru bimbingan dan konseling di sekolah menurut persepsi siswa kelas VIIIT SMP Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti memberi saran kepada: 1) Kepala sekolah selaku pimpinan dan penanggung jawab sekolah, diharapkan dapat memfasilitasi agar dapat meningkatkan kemampuan dan ketrampilan guru bimbingan dan konseling di sekolah, 2) Guru BK diharapkan untuk menunjukan kinerjanya secara maksimal dalam penyelengaraan BK di sekolah sehingga siswa dapat memiliki persepsi yang benar tentang tugas guru BK. 3) Siswa diharapkan untuk berpartisipasi aktif dalam setiap layana bimbingan dan konseling yang dilaksanakan oleh duru BK di sekolah agar dapat mempersepsikan tugas guru BK secara benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 06 Dec 2019 00:49
Last Modified: 06 Dec 2019 00:49
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/920

Actions (login required)

View Item View Item