Pengaruh Kemampuan Verbal Dan Ketelitian Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Pada Materi Pokok Laju Reaksi Kelas Xi Ipa 1 Sman 6 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

KEWAELAGA, Emerlinda (2017) Pengaruh Kemampuan Verbal Dan Ketelitian Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Pada Materi Pokok Laju Reaksi Kelas Xi Ipa 1 Sman 6 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (873kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (786kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menerima dan mentrasfer pelajaran kimia, khususnya pada materi pokok Laju reaksi. Faktor-faktor penyebab kesulitan tersebut antara lain faktor eksternal (pendekatan yang diterapkan) dan faktor internal (inteligensi) dalam hal ini kemampuan Verbal dan ketelitian sangat penting terhadap hasil belajar. Dengan mengetahui kemampuan verbal dan ketelitian peserta didik terhadap hasil belajar, maka dapat ditetapkan langkah yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menerapkan ketrampilan proses, yang terdiri dari: (a) untuk mengetahui kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Discovery Learning(b) untuk mengetahui ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik keas XI IPA 1 SMAN 6 Kupang, (c) untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018, (2) untuk mengetahui kemampuan Verbal peserta didik kelas XI IPA 1 tahun ajaran 2017/2018, (3) untuk mengetahui ketelitian peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018, (4) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kemampuan Verbal dan ketelitian terhadap hasil belajar pada materi pokok Laju reaksi dengan menerapkan pendekatan Discovery Learning peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018, dan (5) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan Verbal dan ketelitian terhadap hasil belajar pada materi pokok Laju reaksi dengan menerapkan pendekatan Discovery Learningpeserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan Discovery Learning dengan jenis penelitian deskriptif-asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh. Variabel penelitian terdiri atas kemampuan Verbal dan ketelitian sebagai variabel bebas. Sedangkan hasil belajar peserta didik sebagai variabel terikat. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Penerapan pendekatan Discovery Learning efektif dalam proses pembelajaran pada materi pokok Laju reaksi, yang ditunjukan dengan: (a) Guru mampu mengelola pembelajaran dengan baik dengan skor 3,73, (b) Indikator hasil belajar tuntas yang ditunjukan dengan rata-rata proporsi ketuntasan indikator observasi sikap spritual 0,94, ketuntasan indikator angket sikap spritual 0,91, ketuntasan indikator observasi sikap sosial 0,79, ketuntasan indikator angket sikap sosial 0,905, ketuntasan indikator kognitif 0,86, ketuntasan indikator keterampilan psikomotor 0,865, THB proses sebesar 0,89, presentase sebesar 0,83, dan portofolio sebesar 0,87. (c) Hasil belajar tuntas dengan ketuntasan hasil KI–1 93, KI–2 90, KI–3 86, KI– 4 85, dan ketuntasan hasil belajar secara keseluruhan sebesar 87. (2) Kemampuan Verbal peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 6 Kupang istimewa dengan nilai sebesar 678 (3) ketelitian peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 6 Kupang istimewa dengan nilai sebesar 692, (4) Ada pengaruh kemampuan Verbal dan ketelitian terhadap hasil belajar pada materi pokok Laju reaksi dengan menerapkan pendekatan Discovery Learning peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 6 Kupang, yang dijabarkan sebagai berikut: (a) Ada hubungan kemampuan Verbal terhadap hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1y) = 0,6998 dan nilai koefisien determinansi (D) = 48,88%, serta nilai thitung ≥ ttabel atau 4,997 ≥ 2,0555. (b) Ada hubungan ketelitian terhadap hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx2y) = 0,715 dan nilai koefisien determinansi (D) = 51,12%, serta nilai thitung ≥ ttabel atau 5,212 ≥ 2.0555. (c) Ada hubungan kemampuan Verbal dan ketelitian terhadap hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai korelasi (rx1x2y) = 0,7457 dan nilai koefisien determinansi (D) = 55,35%, serta nilai Fhitung ≥ Ftabel atau 15,44 ≥ 3,39. (5) Ada pengaruh kemampuan Ketelitian dan kemampuan ketelitian terhadap hasil belajar pada materi pokok Laju reaksi dengan menerapkan pendekatan Discovery Learning peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 6 Kupang, yang dijabarkan sebagai berikut: = (a) Ada pengaruh kemampuan Verbal terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan Discovery Learning yang diterangkan oleh persamaan regresinya Y = 73,137 + 0,179x dan nilai F hitung ≥ F tabel atau 24,83 ≥ 3,39. (b) Ada pengaruh kemampuan ketelitian terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan Discovery Learning yang diterangkan oleh persamaan regresinya Y = 66,795 + 0,25x dan nilai F hitung ≥ F tabel atau 26,83 ≥ 3,39. (c) Ada pengaruh Ketelitiandan terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerpkan pendekatan Discovery Learning yang diterangkan oleh persamaan regresinya Y = 67,70 + 0,09(x1) + 0,152 (x2) dan nilai F hitung ≥ F tabel atau 15,498 ≥ 3,39.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Verbal, Ketelitian, Hasil Belajar, Pendekatan Discovery Learning, dan Laju reaksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 21 Sep 2022 03:26
Last Modified: 21 Sep 2022 03:26
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9201

Actions (login required)

View Item View Item