Pengaruh Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Yang Menerapkan Pendekatan Scientific Pada Materi Pokok Sistem Koloid Siswa Kelas Xi Ipa 2 Sma Kristen 1 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017

SON, Anna Maria (2017) Pengaruh Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Yang Menerapkan Pendekatan Scientific Pada Materi Pokok Sistem Koloid Siswa Kelas Xi Ipa 2 Sma Kristen 1 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (898kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (264kB)

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order thinking) merupakan proses berpikir yang mengharuskan pemikir untuk memanipulasi informasi dan ide-ide dalam cara tertentu yang memberi mereka pengertian dan implikasi baru. Kedisiplinan merupakan tindakan yang menunjukan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan. Pendekatan Scientific merupakan proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar siswa secara aktif mengkonstruksi konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, menanya, mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang ditemukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Scientific pada materi pokok sistem koloid, mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kedisiplinan siswa, mengetahui ada tidaknya hubungan antara kemampuan berpikir tingkat tinggi, kedisiplinan dan hubungan keduanya terhadap hasil belajar kimia, mengetahui ada tidaknya pengaruh antara kemampuan berpikir berpikir tingkat tinggi dan kedisiplinan serta pengaruh keduanya terhadap hasil belajar kimia dalam menerapkan Pendekatan Scientific pada materi pokok sistem koloid siswa Kelas XI IPA 2 SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA 2 SMA Kristen 1 Kupang berjumlah 25 orang. Jenis penelitian deskriptif dan asosiatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Scientific efektif yakni a) Kemampuan guru dalam mengelola pelaksanaan pembelajaran termasuk kategori baik dengan skor 3,72. b) Ketuntasan indikator hasil belajar meliputi keempat aspek: (KI-1) tuntas dengan nilai 0,83, (KI-2) tuntas dengan nilai 0,86. (KI-3) tuntas dengan nilai 0,91, (KI4) tuntas dengan nilai 0.89. c) Ketuntasan hasil belajar meliputi: Ketuntasan hasil belajar KI-1 sebesar 91, KI-2 sebesar 89, KI-3 sebesar 89, KI-4 sebesar 86. (2) Kemampuan berpikir Tingkat tinggi siswa kelas XI IPA 2 SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 termasuk dalam kategori yang tinggi dengan rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 84,96%. (3) Kedisiplinan siswa kelas XI IPA 2 SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 termasuk dalam kategori yang tinggi dengan ratarata nilai yang diperoleh sebesar 87,2%. (4) a,b,c) Ada hubungan antara kemampuan berpikir tingkat tinggi, kedisiplinan dan hubungan keduanya terhadap hasil belajar dalam menerapkan Pendekatan Scientific yang ditunjukan dengan nilai korelasi sebesar 0,76, 0,68 dan 0,802. (5) a,b,c) Ada pengaruh antara kemampuan berpikir tingkat tinggi, kedisiplinan dan pengaruh keduanya terhadap hasil belajar dengan menerapkan Pendekatan Scientific pada materi pokok sistem koloid SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 dengan persamaan regresi bertutut-turut sebagai berikut: Ŷ=, Ŷ= 20,38 + 0,78 X, Ŷ= Dengan melihat bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kedisiplinan siswa serta pendekatan Scientific ada hubungan dan pengaruh terhadap hasil belajar siswa maka perlu diperhatikan dengan baik bagaimana seorang individu mampu membangun kemampuan berpikir tingkat tinggi dan bagaimana seseorang membangun kedisiplinan yang baik dalam dirinya dengan didukung pendekatan Scientific sehingga hasil belajar yang dicapai bisa mencapai KKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Kedisiplinan, Pendekatan Scientific, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 21 Sep 2022 03:30
Last Modified: 21 Sep 2022 03:30
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9204

Actions (login required)

View Item View Item