Pengaruh Tipe-Tipe Karakter Dan Kemampuan Penalaran Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas Xi Ipa 2 Sma Negeri 6 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017

DOH, Lidia Marsi (2017) Pengaruh Tipe-Tipe Karakter Dan Kemampuan Penalaran Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas Xi Ipa 2 Sma Negeri 6 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (703kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)
[img] Text
BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (355kB)

Abstract

Karakter merupakan ciri khas yang dimiliki oleh suatu benda atau individu (manusia). Karakter mengacu pada serangkaian sikap (attitudes), perilaku (behaviors), motivasi (motivations), dan keterampilan (skills). Setiap individu pasti memiliki karakteristik yang berbeda dengan individu lainnya. Terdapat empat tipe karakter, yaitu tipe sanguinis ‘yang popular’; tipe melankolis ‘yang sempurna’; tipe koleris ‘yang kuat’; dan tipe flegmatis ‘cinta damai’. Penalaran merupakan suatu proses berpikir dalam menarik suatu kesimpulan yang berupa pengetahuan. Manusia pada hakekatnya merupakan makhluk yang berpikir, merasa, bersikap dan bertindak. Penalaran mengandung logika berpikir dan bersifat analitis. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing, yang terdiri dari: (a) untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing (b) untuk mengetahui ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik keas XI IPA 2 SMAN 6 Kupang, (c) untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 2 SMAN 6 Kupang tahun pelajaran 2016/2017, (2) untuk mengetahui tipe-tipe karakter peserta didik kelas XI IPA 2 SMAN 6 Kupang tahun pelajaran 2016/2017, (3) untuk mengetahui kemampuan penalaran peserta didik kelas XI IPA 2 SMAN 6 Kupang tahun pelajaran 2016/2017, (4) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan tipe-tipe karakter dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar pada materi pokok hidrolisis garam dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing peserta didik kelas XI IPA 2 SMAN 6 Kupang tahun pelajaran 2016/2017, dan (5) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh tipe-tipe karakter dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar pada materi pokok hidrolisis garam dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing peserta didik kelas XI IPA 2 SMAN 6 Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing dengan jenis penelitian deskriptif-asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh. Variabel penelitian terdiri atas tipe-tipe karakter dan kemampuan penalaran sebagai variabel bebas. Sedangkan hasil belajar peserta didik sebagai variabel terikat. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pendekatan inkuiri terbimbing efektif dalam proses pembelajaran pada materi pokok hidrolisis garam, yang ditunjukan dengan: (a) Guru mampu mengelola pembelajaran dengan baik dengan skor 3,93, (b) Indikator hasil belajar tuntas yang ditunjukan dengan rata-rata proporsi ketuntasan indikator observasi sikap spritual 0,94, ketuntasan indikator angket sikap spritual 0,94, ketuntasan indikator observasi sikap sosial 0,85, ketuntasan indikator angket sikap sosial 0,87, ketuntasan indikator aspek kognitif 0,89, ketuntasan indikator keterampilan psikomotor 0,91, THB proses sebesar 0,90, presentasi sebesar 0,86, dan portofolio sebesar 0,91. (c) Hasil belajar tuntas dengan ketuntasan hasil KI–1 90, KI–2 85, KI–3 86, KI– 4 89, dan ketuntasan hasil belajar secara keseluruhan sebesar 88. (2) Nilai rata-rata tipe-tipe karakter peserta didik kelas XI IPA 2 SMAN 6 Kupang adalah 85 dan termasuk kategori sangat baik. (3) Kemampuan penalaran peserta didik kelas XI IPA 2 SMAN 6 Kupang sangat baik dengan nilai sebesar 86, (4) Ada hubungan antara tipe-tipe karakter dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar pada materi pokok hidrolisis garam dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing peserta didik kelas XI IPA 2 SMAN 6 Kupang, yang dijabarkan sebagai berikut: (a) Ada hubungan tipe-tipe karakter terhadap hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1y) = 0,72 dan nilai koefisien determinansi (D) = 52%, serta nilai thitung ≥ ttabel atau 5,62 ≥ 2,045. (b) Ada hubungan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx2y) = 0,72 dan nilai koefisien determinansi (D) = 52%, serta nilai thitung ≥ ttabel atau 5,62 ≥ 2.045. (c) Ada hubungan tipe-tipe karakter dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai korelasi (rx1x2y) = 0,83 dan nilai koefisien determinansi (D) = 68,89%, serta nilai Fhitung ≥ Ftabel atau 31,04 ≥ 3,33. (5) Ada pengaruh tipe-tipe karakter dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar pada materi pokok hidrolisis garam dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing peserta didik kelas XI IPA 2 SMAN 6 Kupang, yang dijabarkan sebagai berikut: (a) Ada pengaruh tipe-tipe karakterbterhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing yang diterangkan oleh persamaan regresinya Ŷ = 51,03 + 0,432x dan nilai F hitung ≥ F tabel atau 30,96 ≥ 3,34. (b) Ada pengaruh kemampuan penalaran terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing yang diterangkan oleh persamaan regresinya Ŷ = 71,37 + 0,19x dan nilai F hitung ≥ F tabel atau 32,21 ≥ 3,33. (c) Ada pengaruh tipe-tipe karakter dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing yang diterangkan oleh persamaan regresinya Ŷ = 51,93 + 0,29(x1) + 0,13 (x2) dan nilai F hitung ≥ F tabel atau 27,176 ≥ 3,34.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 21 Sep 2022 03:38
Last Modified: 21 Sep 2022 03:38
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9206

Actions (login required)

View Item View Item