Pengaruh Kualitas Pelayanan, Suasana Puskesmas, Dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Ulang Melalui Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Mediasi Pada Puskesmas Kupang Kota

BORO, Marina Darwis (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Suasana Puskesmas, Dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Ulang Melalui Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Mediasi Pada Puskesmas Kupang Kota. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (746kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (359kB)

Abstract

Puskesmas Kupang Kota merupakan salah satu penyedia jasa pelayanan kesehatan yang tidak terlepas dari persaingan antara penyedia jasa. Minat kunjung pasien lama pada puskesmas Kupang Kota selama tiga tahun terakhir cenderung meningkat dan pasien baru berfluktuasi. Masalah dalam penelitian ini: (1) Bagaimana persepsi pasien tentang kualitas pelayanan, suasana puskesmas, fasilitas, gambaran kepuasan pasien dan minat berkunjung ulang pasien pada Puskesmas Kupang Kota? (2) Apakah kualitas pelayanan, suasana puskesmas, dan fasilitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien? (3) Apakah kualitas pelayanan, suasana puskesmas, fasilitas, dan kepuasan pasien secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung ulang? (4) Apakah kepuasan pasien memediasi pengaruh kualitas pelayanan, suasana puskesmas, dan fasilitas terhadap minat berkunjung ulang? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui persepsi pasien tentang kualitas pelayanan, suasana puskesmas, fasilitas, gambaran kepuasan pasien dan minat berkunjung ulang pasien pada Puskesmas Kupang Kota. (2) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh kualitas pelayanan, suasana puskesmas, dan fasilitas secara parsial terhadap kepuasan pasien. (3) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh kualitas pelayanan, suasana puskesmas, fasilitas, dan kepuasan pasien secara parsial terhadap minat berkunjung ulang. (4) Untuk mengetahui kepuasan pasien memediasi pengaruh kualitas pelayanan, suasana puskesmas, dan fasilitas terhadap minat berkunjung ulang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien yang berkunjung ulang pada Puskesmas Kupang Kota. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dari jumlah indikator yang digunakan yaitu sebanyak 19 indikator dan dikalikan 5, sehingga jumlah sampel penelitian ini sebanyak 95 responden. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial (PLS). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan, suasana puskesmas, fasilitas, kepuasan pasien, dan minat berkunjung ulang pada puskesmas Kupang Kota baik. Hasil analisis statistik inferensial untuk hubungan langsung menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, suasana puskesmas, dan fasilitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Kualitas pelayanan, suasana puskesmas, dan fasilitas secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat berkunjung ulang pada Puskesmas Kupang Kota. Kepuasan pasien berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung ulang, Sebaliknya kepuasan pasien memediasi pengaruh kualitas pelayanan, suasana puskesmas, dan fasilitas terhadap minat berkunjung ulang. Kontribusi kualitas pelayanan, suasana puskesmas, dan fasilitas terhadap kepuasan pasien (R-square) sebesar 84,90% dan kontribusi kualitas pelayanan, suasana puskesmas, fasilitas, dan kepuasan pasien terhadap minat berkunjung ulang sebesar 75%, sedangkan yang lainnya adalah kontribusi dari variabel-variabel yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Saran untuk puskesmas Kupang Kota perlu meningkatkan sistem pelayanan yang jelas dan menambah fasilitas fisik, seperti perlengkapan dan obat-obatan untuk menarik minat pasien berkunjung ulang, serta menghimbau setiap kendaraan yang lewat untuk menjaga ketenangan pasien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Suasana, Fasilitas, Kepuasan pasien, Minat Berkunjung Ulang.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.M Marina Darwis Boro
Date Deposited: 21 Sep 2022 07:05
Last Modified: 21 Sep 2022 07:05
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9210

Actions (login required)

View Item View Item