Analisis Keunggulan Bersaing Pada Tujuh Merek Bakery Di Kota Kupang

DOHU, Benediktus Heriyanto (2019) Analisis Keunggulan Bersaing Pada Tujuh Merek Bakery Di Kota Kupang. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (331kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (117kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (352kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (250kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (143kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada tujuh merek Bakery yang berada di Kota Kupang. Banyaknya toko roti yang bermunculan Di Kota Kupang mengakibatkan tingkat persaingan yang semakin ketat antar perusahaan Bakery. Berdasarkan tabel perbandingan jumlah pembeli Angelyn Bakery dan Bahagia Bakery menunjukkan jumlah pembeli terendah yaitu sebesar 8.92% dan 9.47%, dan penjualan terendah ada pada Angelyn Bakery dan Bahagia Bakery. Masalah dalam penelitian ini adalah merek Bakery manakah yang menurut persepsi konsumen yang paling unggul dan mana yang paling bersaing, Atribut apa yang paling dominan dari tiap-tiap Bakery, dan strategi apa yang harus diterapkan setiap merek Borneo Bakery, Suka Roti, Royal Bakery, Paris Bakery, Angelyn Pizza and Bakery, Angelo Bakery, dan Bahagia Bakaery agar mampu bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui merek Bakery yang menurut persepsi konsumen yang paling unggul dan yang paling bersaing, untuk mengetahui atribut yang paling dominan dari tiap merek dan untuk mengetahui strategi yang harus diterapkan setiap merek agar dapat bersaing. Populasi tidak diketahui secara pasti, sehingga jumlah sampel untuk setiap Bakery ditentukan dari jumlah indikator dikali 5. Pada penelitian ini jumlah indikator sebanyak 7, dan nilai yang ditentukan adalah 5, sehingga sampel merek setiap Bakery sebanyak 7 x 5 = 35 responden. Karena ada 7 (tujuh) merek Bakery maka total jumlah sampel sebanyak 245. metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang dibagi pada responden menggunakan accidental random sampling yaitu konsumen yang ditemui oleh peneliti di lokasi penelitian dan bersedia untuk mengisi kuesioner. Hasil analisis terhadap variabel keunggulan bersaing tingkat kepentingan suatu atribut sebesar 4.577, skor persepsi kualitas yang paling tinggi Borneo (1.050), Suka Roti (1.030), Royal (1.019), Angelyn (990), Bahagia (850),Angello (793) dan Paris (754).preferensi merek Borneo paling tingggi sebesar (16.18), Suka Roti (15.88), Royal (15,71), Angelyn (15.26), Bahagia (13.10), Angello (12.22), dan Paris (11.63). Menentukan harga yang layak pada masing-masing bakery diperoleh hasil Borneo Rp. 147.576, Suka Roti Rp. 144.832, Royal Rp.143.281, Angelyn 139.177, Bahagia Rp. 119.477, Angello Rp. 111.451 dan Paris Rp.106.070. dan dalam perhitungan Perceived Value Bakery yang memiliki persentase paling tinggi adalah Borno Bakery. Saran bagi setiap perusahaan Bakery agar perlu meningkatkan masingmasing atribut merek Bakery, kualitas atribut yang rendah perlu ditingkatkan agar meningkatkan jumlah pembeli pada masing-masing perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keunggulan Bersaing, Preferensi, dan Perceived value
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Magister Manajemen
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 06 Dec 2019 01:08
Last Modified: 06 Dec 2019 01:08
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/925

Actions (login required)

View Item View Item