Komparasi Hasil Belajar Siswa Pada Tipe Kepribadian Yang Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) Dengan Materi Pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia Siswa Kelas X Ipa Sma Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017

BERE, Marsela Luruk (2017) Komparasi Hasil Belajar Siswa Pada Tipe Kepribadian Yang Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) Dengan Materi Pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia Siswa Kelas X Ipa Sma Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (49kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (24kB)

Abstract

Kepribadian merupakan terjemahan dari kata “personality”, yang berasal dari bahasa yunani “per” dan “sonare” yang berarti topeng tetapi juga berasal dari kata “personae” yang berarti pemain sandiwara, yaitu pemain yang memakai topeng tersebut. Model pembelajaran kooperatif tipe TAI merupakan salah satu bentuk pembelajaran kooperatif yang berarti peserta didik dikelompokkan secara heterogen dalam kelompok-kelompok kecil (4-5 orang) dan selanjutnya diikuti dengan pemberian bantuaan secar individu bagi peserta didik yang memerlukannya. Masalah utama dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan materi pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia siswa kelas X IPA SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017? 2) bagaimana hasil belajar siswa dari berbagai tipe kepribadian yang menerapkan model pembelajaran kooperatif TAI dengan materi pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia siswa kelas X IPA SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017? 3) adakah perbedaan antara hasil belajar siswa dari berbagai tipe kepribadian yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan materi pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia Siswa kelas X IPA SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan materi pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia siswa kelas X IPA SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017. 2) untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dari berbagai tipe kepribadian yang menerapkan model pembelajaran kooperatif TAI dengan materi pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia siswa kelas X IPA SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017. 3) untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara hasil belajar siswa dari berbagai tipe kepribadian yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan materi pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia Siswa kelas X IPA SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 dan IPA 4 SMA Negeri 5 Kupang berjumlah 68 orang. Jenis penelitian deskriptif dan komparatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1.a) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah baik, dengan skor untuk MIA.1 yaitu 3,924 dengan realibiltasnya 98,97% dan skor untuk MIA.4 yaitu 3,87 dengan realibilitasnya 99,23% (1.b) ketuntasan indikator hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI nyatakan tuntas, dengan rata-rata proporsi ketuntasan indikator observasi sikap spiritual 0,97, ketuntasan indikator angket sikap spiritual 0,83, ketuntasan indikator observasi sikap sosial 0,88, ketuntasan indikator angket sikap sosial 0,86, ketuntasan indikator kognitif 0,81, ketuntasan indikator keterampilan psikomotor 0,88, ketntasan indikator THB proses 0,88, ketuntasan indikator presentase 0,83, ketuntasan portofolio 0,88 (1.c) ketuntasan hasil belajar KI-1 89,89, KI-2 86,89, KI-3 82,02, KI-4 86,24 (2) hasil analisis menyatakan bahwa tipe kepribadian ekstrovert memiliki nilai THB rata-rata 83,55 standar deviasi = 3,323 dan rata-rata THB untuk tipe introvert = 73,79 standar deviasi = 2,740. Hal ini tercermin saat pelajaran sifat extrovert lebih antusias dan aktif baik saat mengerjakan LDS, LKS maupun saat praktek (3) hasil uji t menggunakan SPSS 16,0 yaitu thitung=11,201 > ttabel= 2,652 sedangkan uji t secara manual yaitu thitung=11,375> ttabel= 2,652 maka Ho di tolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada tipe kepribadian yang menerapkan model pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia siswa kelas X IPA SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017. Dengan melihat bahwa tipe kepribadian siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa maka perlu diperhatikan dengan baik bagaimana siswa yang memiliki kepribadian extrovert dan bagaimana siswa yang memiliki kepribadian introvert dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif tipe TAI juga memberikan hasil yang baik bagi hasil belajar siswa, oleh karena itu pendekatan ini biasa lebih sering diterapkan pada materi-materi pembelajaran yang diajarkan oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tipe Kepribadian, Model Pembelajaran Tipe Team Assited Individualization (TAI), Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 22 Sep 2022 05:28
Last Modified: 22 Sep 2022 05:28
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9262

Actions (login required)

View Item View Item