Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kemampuan Identifikasi Variabel Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Koloid Yang Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas Xi Ipa 1 Smak Sint Carolus Kupang Tahun Ajaran 2016/2017

FOBIA, Heribertus (2017) Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kemampuan Identifikasi Variabel Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Koloid Yang Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas Xi Ipa 1 Smak Sint Carolus Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (818kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (259kB)

Abstract

Pendektan inkuiri terbimbing merupakan proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa untuk melibatkan seluruh kemampuan atau potensi peserta didik dalam merumuskan masalah, mencari sampai memecahkan permasalahan melalui sebuah eksperimen dan atau data observasi dalam waktu relatif singkat. Dengan demikian peserta didik dapat merumuskan penemuannya dengan penuh percaya diri. Masalah utama dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan Inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa koloid siswa kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2016/2017? 2) Bagaimana motivasi belajar siswa pada kegiatan pembelajaran dalam penerapan pendekatan Inkuiri terbimbing kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2016/2017? 3) Bagaimana kemampuan identifikasi variabel siswa pada kegiatan pembelajaran dalam penerapan pendekatan Inkuiri terbimbing pada siswa kelas XI IPA SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui efektifitas pembelajaran dalam penerapan pendekatan Inquiri terbimbing siswa kelas XI 1 IPA SMAK SINT CAROLUS KUPANG tahun pelajaran 2016/2017?. 2) Mengetahui motivasi belajar siswa kelas XI IPA 1 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2016/2017?. 3) Mengetahui kemampuan identifikasi variabel siswa kelas XI IPA 1 SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing yang diterapkan pada pemeblajaran kimia efektif pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI IPA 1 SMAK SINT CAROLUS KUPANG. (2) Motivasi belajar siswa kelas XI IPA 1 SMAK SINT CAROLUS KUPANG dengan rata-rata angket motivasi belajar sebesar 76% termasuk kategori baik dan Kemampuan identifikasi variabel siswa kelas XI IPA 1 SMAK SINT CAROLUS KUPANG dengan presentasi rata-rata tes kemampuan identifikasi variabel siswa sebesar 75% termasuk kategori baik. (3) Ada hubungan yang kuat antara motivasi belajar dan kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI IPA 1 SMAK SINT CAROLUS KUPANG tahun pelajaran 2016/2017 dengan korelasi ganda diperoleh nilai rx1x2y = 0,598 persamaan garis regresi ganda Y = 61,19405693+ 0,197X1 +0,1301X2

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan inkuiri terbimbing, motivasi belajar, kemampuan identifikasi variabel, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 22 Sep 2022 05:53
Last Modified: 22 Sep 2022 05:53
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9269

Actions (login required)

View Item View Item