NAHAK, Serfinus (2017) Komparasi Hasil Belajar Siswa Pada Berbagai Gaya Belajar Dengan Menerapkan Pendekatan Saintifik Pada Materi Pokok Hidrokarbon Siswa Kelas X Sma Kristen 1 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
01 ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 BAB I.pdf Download (231kB) |
|
Text
03 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
04 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (678kB) |
|
Text
05 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
06 BAB V.pdf Download (260kB) |
Abstract
Kurangnya pengetahuan tentang gaya belajar merupakan salah satu dari banyaknya kendala yang dihadapi oleh siswa maupun guru dalam proses belajar mengajar. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar. Oleh karena itu, baik siswa maupun guru harus mengenali gaya belajarnya. Gaya belajar adalah cara seseorang merasa mudah, nyaman dan aman saat belajar, baik dari sisi waktu maupun menggunakan alat indra. Gaya belajar dibagi menjadi tiga macam, yaitu: gaya belajar visual (melihat), gaya belajar auditory (mendengar), gaya belajar kinesthetic (gerakan). Pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar siswa secara aktif mengkonstruksi konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, menanya, mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang ditemukan. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok hidrokarbon siswa kelas X SMA Kristen 1 Kupang. Secara terperinci dapat dituliskan sebagai berikut: (a) Untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Saintifik pada materi pokok hidrokarbon siswa kelas X SMA Kristen 1 Kupang, (b) Untuk mengetahui ketuntasan indikator dalam pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Saintifik pada materi pokok hidrokarbon siswa kelas X SMA Kristen 1 Kupang (c) Untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Saintifik pada materi pokok hidrokarbon siswa kelas X SMA Kristen 1 Kupang; 2) Untuk mengetahui berbagai gaya belajar siswa kelas X SMA Kristen 1 Kupang; 3) Untuk mengetahui perbedaan gaya belajar siswa hasil belajar dengan menerapkan Pendekatan Saintifik pada materi pokok hidrokarbon siswa kelas X SMA Kristen 1 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan komparatif. Yang menjadi populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa-siswi kelas X SMA Kristen 1 Kupang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pengelolaan pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik, lembar pengamatan kemampuan psikomotor siswa, lembar sikap spiritual siswa, lembar sikap sosial siswa, Tes Hasil Belajar (THB), lembar aspek psikomotor, lembar angket gaya belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pendekatan saintifik termasuk dalam kategori baik dengan skor 3,84. Ketuntasan indikator hasil belajar yang menerapkan pendekatan pendekatan saintifik adalah tuntas dengan rincian untuk keempat aspek: (a) aspek sikap spiritual dengan skor rata-rata 89,5 (b) Aspek sikap sosial dengan skor rata-rata 87,0 (c) Aspek kognitif tuntas dengan skor 85,3 (d) Aspek psikomotor tuntas dengan skor 84,1. (2) Siswa kelas X SMA Kristen 1 Kupang yang memiliki gaya belajar auditory sebanyak 30 orang dengan rata-rata nilai 88,1 yang memiliki gaya belajar visual sebanyak 23 orang dengan rata-rata nilai 86,0 dan yang memiliki gaya belajar kinestetik sebanyak 28 orang dengan nilai rata-rata 84,4. (3) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada berbagai gaya belajar yang menerapkan pendekatan saintifik pada pada materi pokok hidrokarbon siswa kelas X SMA Kristen 1 Kupang. dengan nilai atau 3,27 ≥ 2,99.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Belajar, Pendekatan saintifik, Hidrokarbon dan Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 06:02 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 06:02 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9272 |
Actions (login required)
View Item |