Pengaruh Kemampuan Verbal Dan Ketelitian Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Sistem Koloid Yang Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Siswa Kelas Xi Ipa 2 Sma Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017

NELVIN, Dominikus Jefrianto (2017) Pengaruh Kemampuan Verbal Dan Ketelitian Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Sistem Koloid Yang Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Siswa Kelas Xi Ipa 2 Sma Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (751kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (49kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (53kB)

Abstract

Pembelajaran yang menerapkan pendekatan discovery learning pada dasarnya mengacu pada pendapat Bruner yang menyatakan bahwa pendekatan ini mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan dan menarik kesimpulan dari prinsip-prinsip umum praktis, contohnya pengalaman melalui tahapan-tahapan pemberian rangsangan, identifikasi masalah,pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, penarikan keseimpulan. Masalah pokok dalam penelitian ini (1) Bagaimana efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok koloid siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana kemampuan verbal siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017? (3) Bagaimana ketelitian siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017? (4) Adakah hubungan kemampuan verbal dan ketelitian dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok koloid siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017? (5) Adakah pengaruh kemampuan verbal dan ketelitian terhadap hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok koloid siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan utama penelitian ini (1) Mengetahui efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok koloid siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 (2) Mengetahui kemampuan verbal siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 (3) Mengetahui ketelitian siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 (4) Mengetahui ada tidaknya hubungan kemampuan verbal dan ketelitian dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok koloid siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 (5) Mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan verbal dan ketelitian terhadap hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok koloid siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Dari analisis data diperoleh: (1) Penerapan pendekatan discovery learning efektif pada materi pokok sistem koloid pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 (2) Kemampuan verbal siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 termasuk dalam kategori istimewa dengan skor sebesar 730 (3) Ketelitian siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 termasuk dalam kategori istimewa dengan skor rata-rata ketelitian sebesar 689,2 (4) Ada hubungan antara kemampuan verbal dan ketelitian siswa dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 dengan koefisien korelasi =0,87200046 (5) Ada pengaruh antara kemampuan verbal dan ketelitian siswa terhadap hasil belajar kimia yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 dengan persamaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 22 Sep 2022 06:07
Last Modified: 22 Sep 2022 06:07
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9275

Actions (login required)

View Item View Item