PERAN GURU BK DALAM MENDAMPINGI SISWA YANG MENGIKUTI PENGAJARAN REMEDIAL (Studi Deskriptif Kualitatif pada Siswa Kelas IX SMPK SanctaFamilia Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016)

Berek Badin, Theresia (2015) PERAN GURU BK DALAM MENDAMPINGI SISWA YANG MENGIKUTI PENGAJARAN REMEDIAL (Studi Deskriptif Kualitatif pada Siswa Kelas IX SMPK SanctaFamilia Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016). Diploma thesis, Widya Mandira Catholic Univercity.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (967kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru BK dalam mendampingi siswa yang mengikuti pengajaran remedial pada siswa kelas IX SMPK Sancta Familia Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru BK dalam mendampingi siswa yang mengikuti pengajaran remedial pada kelas IX SMPK Sancta Familia Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru BK dan siswa kelas IX SMPK Sancta Familia Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data adalah studi dokumentasi dan wawancara. Alat pengumpulan data berupa pedoman wawancara dan lembaran studi dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, display data, dan verifikasi data. Teknik pemeriksaan keabsahan data adalah triangulasi dan member check. Setelah melakukan penelitian dan menganalisis data, diketahui bahwa peran guru BK dalam mendampingi siswa yang mengikuti pelajaran remedial pada siswa kelas IX SMPK Sancta Familia Kupang yaitu guru BK mengetahui siswa yang mengikuti pengajaran remedial dengan cara mencaritahu keadaan siswa melalui guru mata pelajaran yang bersangkutan dan melakukan wawancara. Mengubah atau memperbaiki cara belajar siswa ke arah yang lebih baik sesuai dengan kesulitan yang dihadapi siswa dengan cara mengadakan konseling individual, konseling kelompok, bimbingan klasikal tentang belajar dan membentuk kelompok belajar. Mengembangkan sifat dan kebiasaan baru siswa agar dapat mencapai prestasi belajar yang lebih baik adalah menanamkan rasa percaya diri siswa dengan cara melibatkan diri secara aktif dalam berbagai kegiatan di sekolah seperti kegiatan osis, pramuka. Membantu siswa yang mengikuti kegiatan remedial adalah guru BK memberi pengarahan kepada siswa dengan cara memberi bimbingan, motivasi dan nasehat. Membantu mengatasi masalah yang dihadapi siswa dengan cara memberi dorongan, motivasi, memberikan khusus pada siswa yang bermasalah, perhatian, melakukan kunjungan rumah dan pendekatan individual kepada siswa yang bersangkutan. Berdasarkan simpulan tersebut, peneliti mengajukan saran kepada: a)Kepala sekolah, hendaknya meningkatkan kerja sama dengan para guru dan guru BK di sekolah agar bisa melihat perkembangan siswa yang mengikuti pengajaran remedial. b) Guru mata pelajaran, hendaknya meningkatkan kerja sama dengan guru BK di sekolah agar masalah yang dihadapi siswa mengenai pengajaran remedial cepat teratasi dan berupaya mencari jalan keluar terhadap persoalan yang dihadapinya. c) Guru BK hendaknya melakukan pendekatan secara individual untuk memotivasi siswa agar mengikuti pengajaran remedial demi meningkatkan prestasi belajar. d) Diharapkan siswa selalu mengikuti pengajaran remedial dengan tekun agar dapat mengatasi masalah belajarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: ?? bk ??
Depositing User: S.Ptk Damianus Dami
Date Deposited: 16 Jun 2017 01:00
Last Modified: 16 Jun 2017 01:00
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/934

Actions (login required)

View Item View Item