Representasi Perempuan Pada Iklan Di Akun Instagram @Shiningbrightco Periode Juni-Agustus 2021

KOLO, Juventus Alfontro (2022) Representasi Perempuan Pada Iklan Di Akun Instagram @Shiningbrightco Periode Juni-Agustus 2021. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (200kB)

Abstract

Skripsi Berjudul “REPRESENTASI PEREMPUAN PADA IKLAN DI AKUN INSTAGRAM @shiningbrightco”. Bagaimana Representasi Perempuan Pada Iklan di Akun Instagram @shiningbrightco Periode Juni-Agustus 2021?. Adapun tujuan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi perempuan pada iklan di akun Instagram @shiningbrightco, sehingga penelitian ini dapat memberikan gambaran dan pengetahuan kepada pembaca mengenai bagaimana sensualitas wanita direpresentasikan pada media sosial khususnya Instagram. Dalam skripsi ini penulis menggunakan konsep analisis wacana kritis menurut Sara Mils. Penentuan metode penelitian yang dipakai adalah analisis wacana kritis. Representasi perempuan pada iklan di akun Instagram @shiningbrightco. Pertama, pengeksploitasian keindahan wajah dan tubuh perempuan. Penggambaran tersebut dapat dilihat pada foto-foto yang diunggah @shiningbrightco pada akun Instagramnya, dimana kecantikan dan kemolekan tubuh perempuan dijadikan komoditas yang memberikan nilai ekonomis tinggi. Akun Instagram @shiningbrightco menggunakan daya tarik dari keindahan wajah dan tubuh perempuan dengan maksud menarik perhatian followers atau pengikutnya yang dapat membangkitkan sugesti seksual dengan menunjukkan beberapa postingan yang ditampilkan dengan visualisasi mimik wajah dan busana sang model yang minim, terbuka serta pose sensual yang tunjukkan model dalam postingan tersebut. Posisi subjek atau pencerita dalam penelitian ini adalah akun Instagram @shiningbrightco. Postingan-postingan pada akun Instagram @shiningbrightco terlihat bahwa akun instagram @shiningbrightco merupakan subjek pencerita. Akun Instagram @shiningbrightco mengkonsepkan desain produknya yang divisualisasikan melaui model Perempuan dengan mimik wajah dan busana terbuka sertra gesture tubuh yang menggoda serta dilengkapi dengan caption dengan tujuan menarik calon konsumennya. Sedangkan posisi objek adalah para celebrity endorser yang dipakai oleh akun Instagram @shiningbrightco untuk memprosikan produk-produknya di media sosial Instagram. Instagram @shiningbrightco perlu memperhatikan batasan yang sewajarnya agar tidak menyalahi norma yang ada dalam masyarakat. Masyarakat diharapkan sadar akan maraknya eksploitasi tubuh perempuan yang sering dilakukan di media sosial khususnya Instagram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Representasi, Perempuan, Iklan, Instagram.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Juventus Alfontro Kolo
Date Deposited: 24 Sep 2022 12:57
Last Modified: 24 Sep 2022 12:57
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9413

Actions (login required)

View Item View Item