Komparasi Hasil Belajar Siswa Pada Kemampuan Penalaran Formal Dalam Pembelajaran Kimia Yang Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Pada Materi Pokok Larutan Penyangga Kelas Xi Mia Sma Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017

VALERIA, Stephania Bue (2017) Komparasi Hasil Belajar Siswa Pada Kemampuan Penalaran Formal Dalam Pembelajaran Kimia Yang Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Pada Materi Pokok Larutan Penyangga Kelas Xi Mia Sma Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (319kB)

Abstract

Penalaran formal adalah kapasitas seseorang untuk melakukan penarikan kesimpulan berupa pengetahuan yang harus memiliki operasi-operasi formal yang meliputi penalaran proporsional, pengontrolan variabel, probabilistik, korelasional, dan kombinatorial. Masalah pokok dalam penelitian ini (1) Bagaimana efektifitas pembelajaran dengan menerapan pendekatan discovery learning materi pokok larutan penyangga pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana kemampuan penalaran formal siswa kelas XI MIA SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017? (3) Adakah perbedaan hasil belajar siswa pada berbagai kemampuan penalaran formal dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan discovery learning materi pokok larutann penyangga pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017? Tujuan utama penelitian untuk (1) Mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menerapan pendekatan discovery learning materi pokok larutan penyangga pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017 (2) Mengetahui kemampuan penalaran formal siswa kelas XI MIA SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017 (3) Mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa pada berbagai kemampuan penalaran formal dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan discovery learning materi pokok larutan penyangga pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017 Dari analisis data diperoleh: (1) Penerapan pendekatan discovery learning efektif pada materi pokok larutan penyangga pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017 (2) Penalaran formal dari 64 siswa SMA Negeri 4 Kupang terdapat siswa yang masih pada tahap penalaran konkrit sebanyak 3,33%, penalaran transisi dari konkrit ke awal formal sebanyak 10%, penalaran awal formal sebanyak 36,67%, dan penalaran formal sebanyak 50% (3)Ada perbandingan antara hasil belajar pada berbagai penalaran formal dengan menerapkan pendekatan saintifik materi pokok Larutan penyangga siswa kelas XI MIA SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 dengan harga thitung> ttabel atau 1,48 > 2,00

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komparasi hasil belajar siswa, penalaran formal, dan pendekatan discovery learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 27 Sep 2022 01:07
Last Modified: 27 Sep 2022 01:07
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9425

Actions (login required)

View Item View Item