Efektivitas Latihan Asertif Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa(Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas VIIIO SMP Negeri 2 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019)

BETE, Agustina (2019) Efektivitas Latihan Asertif Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa(Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas VIIIO SMP Negeri 2 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah latihan asertif melalui layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa kelas VIIIO SMP Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas latihan asertif melalui layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa kelas VIIIO SMP Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIIIO SMP Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 7 orang siswa kelas VIIIO SMP Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 yang motivasi berprestasinya sedang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan tipe penelitian pra-eksperimen menggunakan tes satu kelompok (the one group pretest dan posttest design). Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket tentang motivasi berprestasi dan instrumen perlakuan berupa pedoman penerapan teknik latihan asertif melalui layanan bimbingan kelompok. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t. Hasil analisis data menunjukkan nilai t hitung sebesar 6,837 sedangkan nilai t tabel pada taraf signifikansi 1 % dengan db = N-2 sebesar 2,571. Dengan demikian nilai t hitung ˃ nilai t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa latihan asertif melalui layanan bimbingan kelompok efektif meningkatkan motivasi berprestasi pada siswa kelas VIIIO SMP Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti memberikan saran kepada: 1) Kepala sekolah sebagai pemimpin tertinggi di sekolah diharapkan untuk meningkatkan kerja sama dengan semua pihak baik konselor sekolah maupun guru mata pelajaran dan wali kelas untuk melancarkan kegiatan-kegiatan layanan bimbingan kelompok agar dapat membantu meningkatkan motivasi berprestasi siswa pada kegiatan layanan bimbingan kelompok. 2) Guru Bimbingan dan Konseling diharapkan lebih intensif dalam memberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik latihan asertif untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa pada kegiatan layanan bimbingan kelompok. 3) Siswa diharapkan lebih aktif dalam mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik latihan asertif untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 06 Dec 2019 02:12
Last Modified: 06 Dec 2019 02:12
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/944

Actions (login required)

View Item View Item