Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Di SMP Negeri 4 Kupang

LAMI, Yuliana (2022) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Di SMP Negeri 4 Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (101kB)

Abstract

Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di SMPN 4 Kupang masih rendah,hal ini karena model pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar belum sepenuhnya melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep biologi adalah menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII B pada materi sistem ekskresi manusia di SMPN 4 Kupang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik pada pretest sebesar 47,09 sedangkan postest sebesar77,09. Hasil uji anacova, menunjukan bahwa nilai probabilitas (sig) lebih kecil dari taraf signifikan yang digunakan 0,000 < 0,05 sehingga H0 yang menyatakan tidak ada pengaruh model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar peserta didik ditolak sedangkan Ha yang menyatakan ada pengaruh model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar peserta didik diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi sistem ekeskresi manusia di SMPN 4 Kupang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Materi Sistem Ekskresi Manusia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd Yuliana Lami
Date Deposited: 27 Sep 2022 00:47
Last Modified: 27 Sep 2022 00:47
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9458

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item