Pengaruh Kecerdasan Spiritual Dan Kemampuan Penalaran Terhadap Hasil Belajar Dengan Menerapkan Pendekatan Scientific Pada Materi Pokok Larutan Penyangga Siswa Kelas Xi Ipa 2 Sma Negeri 7 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017

PORUMAU, Deby Catarina (2017) Pengaruh Kecerdasan Spiritual Dan Kemampuan Penalaran Terhadap Hasil Belajar Dengan Menerapkan Pendekatan Scientific Pada Materi Pokok Larutan Penyangga Siswa Kelas Xi Ipa 2 Sma Negeri 7 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abs.Fix.pdf

Download (603kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (288kB)

Abstract

Pendekatan Scientifik merupakan model pembelajaran yang dirancang khusus agar siswa terlibat aktif didalam proses pembelajaran. Siswa aktif dalam belajar dan menemukan hal baru maka siswa akan menemukan kepuasan tersendiri dan akan memperkuat ingatan siswa atas apa yang siswa temukan. Dengan demikian hasil belajar siswa akan meningkat. Masalah pokok dalam penelitian ini (1) Bagaimana efektifitas pembelajaran dengan menggunakan pendekatan scientific pada materi pokok Larutan Buffer atau Penyangga siswa kelas XI IPA 2 SMAN 7 Kupang tahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana kecerdasan spiritual siswa kelas XI IPA SMAN 7 Kupang tahun ajaran 2016/2017? (3)Bagaimana kemampuan penalaran siswa kelas XI IPA SMAN 7 Kupang tahun ajaran 2016/2017?(4) Bagaimana hubungan kecerdasan spiritual dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar siswa dalam penerapan pendekatan scientific pada materi pokok Larutan Buffer atau Penyangga siswa kelas XI IPA 2 SMAN 7 Kupang tahun ajaran 2016/2017? (5) Bagaimana pengaruh kecerdasan spiritual dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar siswa dalam penerapan pendekatan Scientific pada materi pokok Larutan Buffer atau Penyangga siswa kelas XI IPA 2 SMAN 7 Kupang tahun ajaran 2016/2017? Tujuan utama penelitian ini (1) Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menggunakan pendekatan scientific pada materi pokok Larutan Buffer atau Penyangga siswa kelas XI IPA 2 SMAN 7 Kupang tahun ajaran 2016/2017 (2) Untuk mengetahui kecerdasan spiritual siswa kelas XI IPA SMAN 7 Kupang tahun ajaran 2016/2017 (3) Mengetahui kemampuan penalaran siswa kelas XI IPA SMAN 7 Kupang tahun ajaran 2016/2017 (4) Mengetahui hubungan kecerdasan spiritual dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar siswa dalam penerapan pendekatan scientific pada materi pokok Larutan Buffer atau Penyangga siswa kelas XI IPA 2 SMAN 7 Kupang tahun ajaran 2016/2017 (5) Mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar siswa dalam penerapan pendekatan Scientific pada materi pokok Larutan Buffer atau Penyangga siswa kelas XI IPA 2 SMAN 7 Kupang tahun ajaran 2016/2017. Dari analisis data diperoleh: (1) Penerapan pendekatan Scientific efektif pada materi pokok larutan penyangga pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2016/2017 (2) Kecerdasan spiritual siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 7 Kupang dengan nilai rata-rata angket kecerdasan spiritual sebesar 86,59 termasuk dalam kategori cukup tinggi (3) Kemampuan penalaran siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 7 Kupang dengan nilai rata-rata tes TPA sebesar 62,5 termasuk kategori unggul (4) Ada hubungan kecerdasan spiritual dan kemampuan penalaran dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 dengan korelasi ganda rx1x2y = 0,71 (5) Ada pengaruh kecerdasan spiritual dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 yang diperoleh dari persamaan garis regresi ganda

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Scientific, Kecerdasan Spiritual, Kemampuan Penalaran, Hasil Belajar, Pengaruh.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 10 Oct 2022 00:01
Last Modified: 10 Oct 2022 00:01
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9498

Actions (login required)

View Item View Item