Pengaruh Tipe-Tipe Karakter Dan Kemampuan Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Sistem Koloid Dengan Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 5 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017

DE ANDRADE, Joni (2017) Pengaruh Tipe-Tipe Karakter Dan Kemampuan Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Sistem Koloid Dengan Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 5 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (708kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (328kB)

Abstract

Terdapat empat tipe karakter yang melekat pada diri manusia yakni: tipe koleris “yang kuat”, sanguinis “yang populer”, flegmatis “cinta damai” dan melankolis “sempurna”. Tiap-tiap tipe karakter ini memiliki kelemahan (-) dan kekuatan (+) tersendiri yang melekat dan menonjol pada pribadi individu tersebut. Penalaran formal adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi karena memiliki ciri-ciri telah menguasai proses-proses kognisi yang tinggi tingkatannya. Kemampuan Penalaran formal meliputi penalaran proporsional, pengontrolan variabel, probabilistik, korelasional, dan kombinatorial. Untuk mengakomodir tipe-tipe karakter dan kemampuan penalaran formal peserta didik dalam setiap pembelajaran maka guru harus menggunakan pendekatan, strategi, atau metode yang tepat. Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata peserta didik dan mendorong peserta didik membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan peserta didik sehari-hari. Pembelajaran CTL melibatkan tujuh komponen utama dalam pembelajaran, yaitu konstruktivisme (constructivism), menemukan (inquiri), pemodelan (modeling), refleksi (reflection), dan penilaian yang sebenarnya (authentic assesment). Melalui komponen-komponen CTL ini diharapkan tipe karakter dan kemampuan penalaran formal siswa dapat diakomodir dengan baik. Masalah utama dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pokok Sistem Koloid siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana tipe-tipe karakter siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017? (3) Bagaimana kemampuan penalaran formal siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017? (4) Adakah hubungan tipe-tipe karakter dan kemampuan penalaran formal terhadap hasil belajar siswa dalam penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pokok Sistem Koloid siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017? (5) Adakah pengaruh tipe-tipe karakter dan kemampuan penalaran formal terhadap hasil belajar siswa dalam penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pokok Sistem Koloid siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017? Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh: (1) Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) efektif pada materi pokok Sistem Koloid siswa kelas XI IPA 1 SMAN 5 Kupang tahun ajaran 2015/2016. (2) Terdapat empat tipe karakter dari 36 siswa kelas XI IPA 1 SMAN 5 Kupang yang terdiri dari 9 siswa dengan tipe karakter sanguinis kuat, 6 siswa dengan tipe karakter melankolis kuat, 9 siswa dengan tipe karakter flegmatis kuat dan 2 siswa dengan tipe flegmatis lemah, dan 7 siswa dengan tipe karakter koleris kuat dan 3 siswa dengan tipe karakter koleris lemah. Rata-rata dari tipe karakter siswa SMAN 5 Kupang berada pada kriteria baik. (3) Kemampuan penalaran formal siswa kelas XI IPA 1 SMAN 5 Kupang dengan nilai rata-rata tes kemampuan penalaran formal sebesar 71 termasuk dalam kategori formal. (4) Ada hubungan antara tipe-tipe karakter dan kemampuan penalaran formal terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pokok sistem koloid siswa XI IPA 1 SMAN 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017 dengan korelasi pearson product moment diperoleh nilai rx1x2y = 0,650. (5) Ada pengaruh tipe-tipe karakter dan kemampuan penalaran formal terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pokok sistem koloid siswa XI IPA 1 SMAN 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017 pengaruh ini dapat dibuktikan dengan persamaan garis regresi ganda

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 10 Oct 2022 00:38
Last Modified: 10 Oct 2022 00:38
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9506

Actions (login required)

View Item View Item