Pengaruh Gaya Kognitif Dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Yang Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Materi Pokok Larutan Penyangga Siswa Kelas XI IPA SMA Kristen I Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017

DOS REIS, Quintiliano (2017) Pengaruh Gaya Kognitif Dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Yang Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Materi Pokok Larutan Penyangga Siswa Kelas XI IPA SMA Kristen I Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (337kB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dikembangkan oleh Robert Slavin dan teman temannya di universitas John Hopkins. Siswa dalam suatu kelas tertentu dipecah menjadi kelompok dengan anggota 4-5 orang, usahakan setiap kelompok beranggotakan dengan heterogen, terdiri atas laki-laki dan perempuan, berasal dari berbagai suku, memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Anggota tim mengunakan lembar kegiatan atau perangkat pembelajaran yang lain untuk menuntaskan materi pelajarannya dan kemudian saling membantu satu sama lain untuk memahami pelajaran melalui diskusi dan kuis. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana gaya kognitif siswa kelas XI IPA SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2016/ 2017? (3) Bagaimana kedisiplinan siswa kelas XI IPA SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2016/ 2017? (4) Adakah hubungan antara gaya kognitif dan kedisiplinan terhadap hasil belajar kimia dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2016/2017? (5) Adakah pengaruh antara gaya kognitif dan kedisiplinan terhadap hasil belajar kimia dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran2016/2017? Tujuan utama penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui gaya kognitif siswa kelas XI IPA SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2016/ 2017. (3) Untuk mengetahui kedisiplinan siswa kelas XI IPA SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2016/ 2017. (4) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara gaya kognitif dan kedisiplinan terhadap hasil belajar kimia dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2016/ 2017. (5) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara gaya kognitif dan kedisiplinan terhadap hasil belajar kimia dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2016/ 2017. Dari analisis data diperoleh: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif pada materi pokok larutan penyangga pada siswa kelas XI IPA SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2016/2017. (2) Gaya kognitif siswa kelas XI IPA SMA Kristen 1 Kupang dengan 24 siswa tipe FI dan 6 siswa tipe FD (3) Kedisiplinan siswa kelas XI IPA SMA Kristen 1 Kupang dengan skor rata-rata sebesar 89 termasuk kategori baik. (4) Ada hubungan antara gaya kognitif dan kedisiplinan terhadap hasil belajar kimia yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA SMA Kristen 1 Kupang pelajaran 2016/2017 dengan korelasi ganda diperoleh nilai rx1x2y = 0,63.(5) Ada pengaruh antara gaya kognitif dan Kedisiplinan terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA SMA Kristen 1 tahun pelajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gaya kognitif, Kedisiplinan, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 10 Oct 2022 00:41
Last Modified: 10 Oct 2022 00:41
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9508

Actions (login required)

View Item View Item