Analisis Pemanfaatan Dana Desa Pada Desa Nanganesa Kecamatan Ndona Kabupaten Ende Studi kasus pada Desa Nanganesa Kecamatan Ndona Kabupaten Ende Tahun Anggaran 2016

YOSEP, Jenny Carl (2017) Analisis Pemanfaatan Dana Desa Pada Desa Nanganesa Kecamatan Ndona Kabupaten Ende Studi kasus pada Desa Nanganesa Kecamatan Ndona Kabupaten Ende Tahun Anggaran 2016. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
FILE ABSTRAK.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (22kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (71kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (42kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (18kB)

Abstract

Dana desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukkan bagi desa yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kab/Kota dan digunakan untuk mendanai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan kemasyarakatan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana pemanfaatan dana desa pada desa Nanganesa Kecamatan Ndona Kabupaten Ende. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembangunan desa pada Desa Nanganesa yaitu pembangunan rabat beton, pembangunan Tembok penahan Tanah. Dalam konteks pembangunan ini, tentunya dengan pembangunan rabat beton memberikan manfaat baik bagi masyarakat Desa Nanganesa.Dalam proses perencanaan pembangunan ada 2 pembangunan Rabat beton yang tidak terealisasi dengan baik yaitu pembangunan rabat beton RT 02 Puusambi dan rabat beton 46 m3 RT 03 Puusambi. Dalam setiap item pembangunan rabat beton yang telah dilaksanakan, salah satu pembangunan rabat beton yang dibuat sepanjang 28 m3 yang terletak di Dusun Puusambi kurang baik dikerjakan dikarenakan tidak meratanya tanah pada saat pengerjaan akibatnya mengalami jebol sehingga masyarakat desa nanganesa menggunakan papan sebagai jalur untuk melewati jalan tersebut, yang tentunya tidak memberikan manfaat bagi masyarakat desa nanganesa. dapat disimpulkan bahwa penggunaan Dana Desa untuk bidang pelaksanaan pembangunan desa tidak memberikan manfaat signifikan pada masyarakat desa nanganesa. Saran dari penelitian ini adalah kedepannya pemerintah desa lebih memaksimalkan pemanfaatan dana desa yang mengutamakan kebutuhan prioritas yang menjadi kebutuhan desa yang dapat bermanfaat bagi banyak orang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemerintah Desa, Pemanfaatan Dana Desa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 06 Dec 2019 02:56
Last Modified: 06 Dec 2019 02:56
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/952

Actions (login required)

View Item View Item