Upaya Meningkatkan Keterampilan Memainkan Ansambel Campuran Dalam Irama Reggae Pada Lagu Model “Ie” Bagi Peserta Didik Minat Musik SMK Negeri 2 Kupang Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Drill

KAUSE, Andirial (2017) Upaya Meningkatkan Keterampilan Memainkan Ansambel Campuran Dalam Irama Reggae Pada Lagu Model “Ie” Bagi Peserta Didik Minat Musik SMK Negeri 2 Kupang Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Drill. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
abstrac.pdf

Download (838kB)
[img] Text
1.pdf

Download (107kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
5.pdf

Download (130kB)

Abstract

Kegiatan bermusik sangatlah bervariasi, mulai dari kgiatan yang paling sederhana seperti mendengarkan musik, mengekspresikan musik dalam lagu, membentuk kelompok ansambel musik sampai pada kegiatan yang paling kompleks yaitu pembelajaran ansambel musik. Pembelajaran ansambel musik campuran pada peserta didik minat ansambel SMK Negeri 2 Kupang dengan lagu model “IE” dalam irama reggae melalui metode drill, adalah salah satu dari pembelajaran musik di sekolah di mana peserta didik ditempah kemampuannya dalam bermusik sekaligus untuk meningkatkan bakat seni yang dimilikinya. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatakan keterampilan peserta didik minat ansambel SMK Negeri 2 Kupang untuk memainkan ansambel campuran dalam irama reggae dengan lagu model “IE” melalui metode drill. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk meningkatkan ketrampilan peserta didik minat musik SMK Negeri 2 Kupang memainkan ansambel campuran dalam irama reggae dengan lagu model “IE” melalui metode drill sebagai kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan tindakan lapangan dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran ansambel musik campuran meliputi tahap-tahap yakni: tahap awal (pengrekrutan pemain dan, penentuan jadwal latihan,), tahap inti (diawali dengan latihan pada masingmasing alat musik sesuai perannya yang ada pada aransemen dilanjutkan latihan penggabungan dari masing-alat musik), tahap akhir (pementasan ansambel musik campuran dengan lagu model “IE”). Kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik dalam permainan ansambel musik campuran ini pada umumnya terletak pada tempo, dimana saat bermain ansambel tersebut tempo kadang lambat dan kadang cepat. Hal ini dapat diatasi dengan cara melakukan latihan berulang-ulang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan pembelajaran ansambel ini memberikan pengetahuan baru tentang penggunaan alat musik dalam permainan ansambel musik campuran tersebut. Serta melalui beberapa metode ini diharapkan dapat membantu guru mata pelajaran seni budaya dalam memberikan materi pada peserta didik agar membantu mereka mengembangkan kemampuan yang dimiliki agar menjadi bekal pengetahuan di hari esok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ansambel campuran, Irama reggae, Ekstrakurikuler, Lagu Ie., dan Metode drill.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 10 Oct 2022 00:51
Last Modified: 10 Oct 2022 01:01
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9529

Actions (login required)

View Item View Item