Pengaruh Cara Belajar, Motivasi Belajar, Kehadiran, Dan Iklim Sekolah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kupang

SUNARIAH, Sunariah (2018) Pengaruh Cara Belajar, Motivasi Belajar, Kehadiran, Dan Iklim Sekolah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kupang. Masters thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (28kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan hasil dari kegiatan belajar dan mengajar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran cara belajar, motivasi belajar, kehadiran, dan iklim sekolah terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MAN Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh cara belajar, motivasi belajar, kehadiran, dan iklim sekolah terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MAN Kupang. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MAN Kupang berjumlah 161 orang. Total sampel yang digunakan sebagai responden sebanyak 62 orang yang berpedoman pada rumus penentuan sampel dari Yamane, yaitu n=1/N.d2. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil uji regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 0,307X1 + 0,267X2 + 0,264X3 + 0.101X4. Hasil analisis deskriptif menunjukkan variabel cara belajar berada pada kategori baik dengan nilai 81,44%, variabel motivasi belajar berada pada kategori baik dengan nilai 75,68%, variabel kehadiran berada pada kategori baik dengan nilai 79,25%, variabel iklim sekolah berada pada kategori baik dengan nilai 79,75%, dan variabel hasil belajar peserta didik berada pada kategori baik dengan nilai 84,22%. Hasil analisis statististik inferensial menunjukkan secara parsial variabel cara belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,007 < nilai α 0,05. Variabel motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan nilai dengan nilai signifikansi 0,048 < nilai α 0,05. Variabel kehadiran berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,044 > nilai α 0,05. Variabel iklim sekolah berpengaruh positif tidak signifikan terhadap hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,349 > nilai α 0,05. Secara simultan variabel cara belajar, motivasi belajar, kehadiran, dan iklim sekolah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MAN Kupang yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 8,913 > Ftabel sebesar 2,54 dengan nilai signifikansi 0,000 < nilai α 0,05. Sumbangan keempat variabel bebas (R2) yaitu cara belajar, motivasi belajar, kehadiran, dan iklim sekolah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MAN Kupang sebesar 38,5% dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini. Saran untuk peserta didik diharapkan lebih mengembangkan cara belajar dengan mempelajari kembali materi yang telah dijelaskan oleh guru di sekolah serta membuat jadwal belajar, melaksanakannya secara teratur, dan mengumulkan tugas tepat waktu.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Cara Belajar, Motivasi Belajar, Kehadiran, dan Iklim Sekolah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Magister Manajemen > Konsentrasi Manajemen Pendidikan
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 06 Dec 2019 03:07
Last Modified: 06 Dec 2019 03:07
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/954

Actions (login required)

View Item View Item