Pengaruh Desain, Citra Merek Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Yamaha Mio Fino Pada Dealer Sekawan Motor Di Kota Kupang

ROHI, Danni Pramana (2017) Pengaruh Desain, Citra Merek Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Yamaha Mio Fino Pada Dealer Sekawan Motor Di Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrk.pdf

Download (750kB)
[img] Text
1.pdf

Download (255kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
5.pdf

Download (165kB)

Abstract

Banyaknya pesaing dealer motor di Kota Kupang, menyebabkan terjadi persaingan, sehingga penjualan motor Yamaha Mio Fino pada Dealer Sekawan Motor selama 4 tahun terakhir, mengalami penurunan di tahun 2016. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui persepsi responden tentang desain, citra merek, promosi penjualan dan gambaran keputusan pembelian konsumen sepeda motor Yamaha Mio Fino pada Dealer Sekawan Motor di Kota Kupang. 2). Untuk mengetahui signifikansi pengaruh desain, citra merek, promosi penjualan secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen sepeda motor Yamaha Mio Fino pada Dealer Sekawan Motor di Kota Kupang. 3). Untuk mengetahui signifikansi pengaruh desain, citra merek, promosi penjualan secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen sepeda motor Yamaha Mio Fino pada Dealer Sekawan Motor di Kota Kupang Populasi tidak diketahui, jumlah sampel ditentukan berdasarkan jumlah indikator dikalikan 5–10 sebanyak 105 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik aksidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan alat statistik deskriptif dan analisis inferensial pada program SPSS statistic version 16. Hasil analisis deskriptif, variabel desain 83,76%, kategori baik, citra merek 87,45% kategori sangat baik, promosi penjualan 83,75% kategori baik dan keputusan pembelian konsumen 84,40% kategori baik. Analisis statistik regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 0,247X1 + 0,386X2 + 0,343X3. Hasil uji t menunjukkan desain, citra merek dan promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Hasil uji F menunjukkan desain, citra merek dan promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Hasil koefisien determinasi adalah 0,744 atau 78,80%, artinya keputusan pembelian konsumen merupakan kontribusi dari variabel desain, citra merek dan promosi penjualan, sedangkan sisanya 21,20% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya Dealer Sekawan Motor terus mengikuti trend, khususnya perkembangan desain motor yang terbaru untuk dipasarkan sehingga konsumen lebih tertarik untuk membeli motor di Dealer Sekawan Motor dan tetap menjaga kepercayaan konsumen terhadap citra merek Yamaha dengan memberikan produk dengan kualitas terbaik, selain itu juga terus giat melakukan kegiatan promosi penjualan atau bahkan meningkatkannya agar lebih baik lagi, karena persaingan sesama dealer atau pesaing lain semakin ketat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Desain, citra merek, promosi dan keputusan pembelian.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 14 Oct 2022 05:24
Last Modified: 14 Oct 2022 05:24
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9551

Actions (login required)

View Item View Item