Studi Kelayakan Jalan Perdesaan Menurut Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Di Desa Susulaku Kabupaten Timor Tengah Utara

KOBES, Ansela Maria Kartini (2018) Studi Kelayakan Jalan Perdesaan Menurut Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Di Desa Susulaku Kabupaten Timor Tengah Utara. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
FILE ABSTRAK.pdf

Download (461kB)
[img] Text
FILE BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (95kB)
[img] Text
FILE BAB II LANDASAN TEORI.pdf

Download (605kB)
[img] Text
FILE BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (234kB)
[img] Text
FILE BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (355kB)
[img] Text
FILE BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (146kB)

Abstract

Pembangunan prasarana yang memadai menjadi suatu keharusan mutlak dalam meningkatkan pembangunan. Jalan yang merupakan prasarana perhubungan harus memadai disetiap daerah. Jalan yang tidak memadai akan mempengaruhi berbagai persoalan dibeberapa bidang antara lain transportasi.Pemerintahan Kabupaten Timor Tengah Utara melalui Dinas Pekerjaan Umum akan membangun jalan di Desa Susulaku sepanjang 2,5 km dalam tahun 2017. Kondisi kerusakan jalan yang cukup berat menyebabkan perjalanan terhambat dan memerlukan waktu yang cukup lama dari biasanya untuk menempuh perjalanan ke Desa Susulaku. Lamanya waktu perjalanan menyebabkan konsumsi bahan bakar yang lebih banyak sehingga biaya operasional kendaraan kendaraan menjadi lebih besar dan tarif angkutan pun mahal. Namun mengingat perlunya efisiensi dan efektifitas dalam memperbaiki dan mengembangkan sistem transportasi serta meningkatkan kesejahteraan pengguna jasa transportasi maka perlu untuk mengkaji tentang analisa kelayakan jalan dari aspek lalu lintas. Dalam tugas akhir ini, studi kelayakan jalan dan jembatan dari Dinas Pekerjaan Umum menjadi parameter untuk menilai kelayakan jalan dari aspek teknis dalam hal ini aspek lalu lintas. Nilai manfaat yang diharapkan dengan adanya pembangunan jalan di Desa Susulaku adalah penghematan waktu perjalanan dan penghematan biaya operasional kendaraan. Untuk perhitungan biaya operasional kendaraan menggunakan metode berdasarkan Dinas Pekerjaan Umum tentang biaya operasional kendaraaan. Untuk analisa studi kelayakan dari segi lalu lintas, dengan adanya jalan baru (after project) yang dibangun pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara maka derajat kejenuhan dan waktu tingkat pelayanan menjadi lebih lama dibandingkan dengan jalan lama (before project). Pembangunan jalan menyebabkan lalu lintas teralih sehingga pelaku perjalanan memperoleh manfaat yaitu penghematan waktu perjalanan sebesar 2,06 menit untuk sepeda motor, 1,82 menit untuk mobil penumpang, 1,15 menit untuk bus dan 0,41 menit untuk truk dan penghematan biaya operasional kendaraan sebesar Rp 1.890.318.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kelayakan Aspek Teknis, Jalan Desa Susulaku, BOK.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 06 Dec 2019 03:14
Last Modified: 06 Dec 2019 03:15
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/956

Actions (login required)

View Item View Item