EFEKTIVITAS PENERAPAN TEKNIK DISKUSI DALAM LAYANANINFORMASI BAGI PROSES PENGEMBANGAN POTENSI DIRI (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siwa Kelas VIII B SMP Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016)

Keo, Adrianus Meo (2016) EFEKTIVITAS PENERAPAN TEKNIK DISKUSI DALAM LAYANANINFORMASI BAGI PROSES PENGEMBANGAN POTENSI DIRI (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siwa Kelas VIII B SMP Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016). Diploma thesis, Widya Mandira Catholic Univercity.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian Apakah Penerapan Teknik Diskusi dalam Layanan Informasi Efektif bagi Proses Pengembangan Potensi Diri Siswa? Tujuan penelitian: untuk mengetahui efektivitas penerapan teknik diskusi dalam layanan informasi bagi proses pengembangan potensi diri siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2015/2016, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 23 orang. Variabel penelitian yaitu: variabel bebas (X) adalah Teknik Diskusi dalam Layanan Informasi, dan variabel terikat (Y) adalah Proses Pengembangan Potensi Diri Siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket proses pengembangan potensi diri siswa dan pedoman penerapan teknik diskussi dalam layanan informasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pra-eksperimen the one group pre-test dan post-test. Metode uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode uji t dengan teknik analisis data depedent t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknik diskusi dalam layanan informasi efektif bagi proses pengembangan potensi diri siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Kupang. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji beda t-test dimana t_(hitung )=6,425 ≥t_tabel = 2,074 pada taraf kepercayaan 95% dengan db=N-1. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan teknik diskusi dalam layanan informasi efektif bagi proses pengembangan potensi diri siswa Kelas VIII B SMP Negeri 4 Kupang. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada: a). Kepala sekolah sebagai motivator : mendorong kerja sama semua pihak baik konselor sekolah, guru wali kelas dan guru mata pelajaran serta orang tua/wali siswa untuk selalu berupaya memberikan motivasi bagi siswa untuk mampu mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya. b). Bagi konselor sekolah : agar bekerja sama dengan wali kelas secara berkesinambungan memberikan bimbingan kepada siswa untuk membantu dirinya sendiri sehingga mampu mengembangkan potensi yang ada pada dirinya sendiri. c). Bagi Siswa : dapat memanfaatkan dan mengembangkan potensi–potensi yang ada dalam dirinya dengan mengikuti teknik diskusi dalam layanan informasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: ?? bk ??
Depositing User: Walenta Sena
Date Deposited: 28 Jun 2017 02:00
Last Modified: 28 Jun 2017 02:00
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/957

Actions (login required)

View Item View Item