UJI EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI PENDEKATAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI POKOKSISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA DI SMP KI HAJAR DEWANTORO KUPANG TAHUN AJARAN 2015/2016

Suri, Yosefina Hoar (2016) UJI EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI PENDEKATAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI POKOKSISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA DI SMP KI HAJAR DEWANTORO KUPANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Diploma thesis, Widya Mandira Catholic Univercity.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran dikelas adalah guru lebih mendominasi pembelajaran untuk menjelaskan atau memberitahukan kepada siswa tentang materi yang diajarkan sebanyak-banyaknya tanpa memperhatikan siswa mengerti atau tidak, sehingga siswa menjadi kurang antusias dalam proses pembelajaran mengakibatkan hasil belajar siswa rendah.Salah satu model yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran kooperaf melalui pendekatan STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan STAD, terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem peredaran darah pada manusia di SMP Ki Hajar Dewantoro Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen, dengan pola perlakuan One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan (1) Hasil belajar siswa mencapai rata-rata 88,44 (2) Ketuntasan klasikal 100% (3) Rata-rata proporsi indikator adalah 0,88 (4) Rata-rata sensitivitas butir soal 0,38 (5) Kemampuan guru dengan skor rata-rata 3,65 (6) Aktivitas siswa yang paling menonjol adalah mengerjakan LKS dengan nilai rata-rata 33,12% (7) Rata-rata reliabilitas aktivitas siswa 97,12% Berdasarkan analisis disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran koooperatif pendekatan STAD efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem peredaran darah pada manusia di SMP Ki Hajar dewantoro Kupang Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Kooperatif, Pendekatan Student Teams Achievement Division, Sistem Peredaran Darah Pada Manusia,Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: ?? biologi ??
Depositing User: S.Ptk Damianus Dami
Date Deposited: 28 Jun 2017 02:02
Last Modified: 28 Jun 2017 02:02
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/958

Actions (login required)

View Item View Item