MISA, Felisitas (2014) Uji Efektivitas Pembelajaran Biologi Materi Pokok Ekosistem Melalui Penerapan Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Kupang Tengah Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (431kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (171kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (97kB) |
Abstract
Pendidikan selalu muncul bersamaan dengan berkembang dan meningkatnya kemampuan siswa,situasi dan kondisi lingkungan yang ada, pengaruh informasi dan kebudayaan serta berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknolongi. Salah satu model pembelajaran yang dapat menjawab tantangan ini adalah model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang menuntut kerja sama dimana siswa belajar dalam kelompok kecil, saling membantu untuk memahami suatu pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif dalam penelitian ini adalah menggunakan penerapan Think Pair Share (TPS). Penerapan TPS ini melibatkan siswa dalam mendalami materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi secara berpasangan dan membagi pengalaman mereka kepada teman-temannya di dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas pembelajaran Biologi Materi pokok Ekosistem melalui penerapan Think Phair Share (TPS) pada siswa kelas VII Di SMP Negeri 2 Kupang Tengah Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2014 di SMP Negeri 2 Kupang Tengah dengan subyek penelitian siswa kelas VII Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Pra eksperimental dengan menggunakan rancangan Sugiyono (2010) yaitu one group pretest-posttest design. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata ketuntasan belajar siswa perindividu 84,86 (tuntas) dan secara klasikal 100% (tuntas). Rerata proporsi indikator 0,86 (tuntas), dan sensitivitas butir soal 0,50 ≥ 0,30 (sensitif) sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 85,95 (baik), skor rerata guru dalam mengelola pembelajaran 3,43( Cukup baik), dan reliabilitas instrumennya 93,7 (baik). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Think Pair Share efektif Dalam Pembelajaran Biologi Materi Pokok Ekosistem Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kupang Tengah Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Pembelajaraan, Materi Pokok Ekosistem, Penerapan Think Pair Share (TPS). |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 23:45 |
Last Modified: | 17 Oct 2022 23:45 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9584 |
Actions (login required)
View Item |