Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII Materi Pokok Gerak Pada Tumbuhan di SMP Swasta Beringin Kupang Tahun Ajaran 2013/2014

ENDANG, Flaviana Suri (2014) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII Materi Pokok Gerak Pada Tumbuhan di SMP Swasta Beringin Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (16kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (19kB)

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan dapat dipenuhi melalui peningkatan mutu pendidik, anak didik, dan pembaharuan kurikulum sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendidikan yang mampu mendukung pembangunan di masa mendatang adalah pendidikan yang mampu mengembangkan potensi peserta didik, sehingga yang bersangkutan mampu menghadapi dan memecahkan problema kehidupan yang dihadapinya. Salah satu model pembelajaran yang mampu mengembangkan potensi peserta didik adalah model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang menuntut kerja sama dimana siswa belajar dalam kelompok kecil, saling membantu untuk memahami suatu pembelajaran. Salah satu pendekatan dalam model pembelajaran kooperatif adalah pendekatan Think Pair Share (TPS). Pendekatan ini memberi kesempatan kepada siswa untuk bekerja sendiri serta bekerja sama dengan orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII materi pokok Gerak Pada Tumbuhan Di SMP Swasta Beringin Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII . Jenis penelitian praeksperimen, dan desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata ketuntasan belajar siswa per individu adalah 82,5%, dan ketuntasan secara klasikal adalah 88,89%. Rata-rata proporsi indikator adalah 0,825 atau 82,5% (tuntas), dan sensitivitas butir soal adalah 0,71 ≥ 0,30 (sensitif) sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa adalah 97,8% (baik), skor rata-rata guru dalam mengelola pembelajaran 3,76 (baik), dan reliabilitas instrumennya 99,24 (baik). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Think Pair Share efektif terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII materi pokok Gerak Pada Tumbuhan di SMP Swasta Beringin Kupang Tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share, Hasil Belajar Siswa, Materi Pokok Gerak Pada Tumbuhan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 19 Oct 2022 05:41
Last Modified: 19 Oct 2022 05:41
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9587

Actions (login required)

View Item View Item