Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Organisasi Kehidupan di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2014/2015

RIA, Gaudensia (2014) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Organisasi Kehidupan di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (273kB)

Abstract

Masalah yang dihadapi di SMP Surya Mandala Kupang adalah hasil belajar IPA Biologi masih rendah.Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran. Kemungkinan besar metode pembelajaran belum tepat. Oleh karena itu ditawarkan solusi berupa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan NHT. Tetapi terhadap materi pokok organisasi kehidupan, apakah NHT juga efektif terhadap hasil pembelajaran. Berdasarkan data yang tersedia belum cukup mencapai standar ketuntasan minimum (SKM). Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa kelas VII Pada Materi Pokok Organisasi Kehidupan Di SMP Surya Mandala Kupang Tahun ajaran 2014/2015. Tempat penelitian di SMP Surya Mandala Kupang, Subyek penelitiannya adalah siswa kelas VII, Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen dengan desainnya adalah One Group Pretest-Postest Design. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata perolehan nilai tes hasil belajar mengalami peningkatan yang signifikan yaitu dari kisaran nilai 31,31pada uji awal meningkat menjadi 84,74 pada uji akhir. Secara klasikal seluruh siswa kelas VII dikatakan tuntas dengan pencapaian ketuntasannya 89,47% dan dari kelima indikator pembelajaran yang ingin dicapai dengan proporsi ketuntasan indikator rata-ratanyamencapai 0,84. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pokok organisasi kehidupan di SMP Surya Mandala Kupang tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pendekatan Numbered Heads Together, Organisasi Kehidupan, Hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 19 Oct 2022 05:42
Last Modified: 19 Oct 2022 05:42
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9588

Actions (login required)

View Item View Item