Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Hama Dan Penyakit Pada Tumbuhan di SMP Swasta Beringin Kupang Tahun Ajaran 2013/2014

TAE, Gaudensiana Rita (2014) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Hama Dan Penyakit Pada Tumbuhan di SMP Swasta Beringin Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (20kB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, Bangsa, dan Negara. Salah satu model pembelajaran yang bisa mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang melibatkan partisipasi siswa dalam satu kelompok kecil untuk saling berinteraksi. Salah satu pendekatan dalam model pembelajaran kooperatif adalah pendekatan Think Pair Share (TPS) pendekatan ini memiliki prosedur yang ditetapkan secaraeksplisit dan memberikan siswa lebih banyak untuk berpikir, menjawab dan saling membantu satu sama lain. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui efektivitas penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Pokok Hama Dan Penyakit Pada Tumbuhan Di SMP Swasta Beringin Kupang Tahun Ajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Beringin kupang,subjek dalam penelitin ini adalah kelas VIII. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group pretest-Postest Design. Data ini dianalisis dengan menggunakan Statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata ketuntasan belajar siswa perindividuadalah 80,39% (tuntas) dan secara klasikal kelas VIII dikatakan tuntas dengan pencapaian ketuntasannya 83,34% (tuntas). Rata-rata proporsi indikator adalah 0,87 (tuntas), dan sensitivitas butir soal adalah 0,36 > 0,30 (sensitif) sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa adalah 3,74 (baik), skor rata-rata guru dalam mengelola pembelajaran 3,53 (baik) dan reliabilitas insrtumennya 97,82% (baik). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif pendekatan Think Pair Share efektif terhadap hasil belajar biologi siswa SMP kelas VIII pada materi pokok Hama dan Penyakit Pada Tumbuhan di SMP Swast Bering Kupang Tahun ajaran 2013/2014. Kesimpulannya adalah: Model pembelajaran kooperatif pendekatan TPS efektif terhadap hasil belajar biologi siswa SMP kelas VIII pada materi pokok hama dan penyakit pada tumbuhan di SMP Swasta Beringin Kupang tahun ajaran 2013/2014

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan Think Pair Share, Hasil belajar, Hama dan Penyakit pada Tumbuhan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 19 Oct 2022 05:46
Last Modified: 19 Oct 2022 05:46
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9589

Actions (login required)

View Item View Item