Efektivitas Penerapan Strategi Belajar Peta Konsep Dalam Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Gerak Pada Tumbuhan di SMP Sancta Familia Sikumana Kupang Tahun Ajaran 2013/2014

DA SILVA, Gerardus (2014) Efektivitas Penerapan Strategi Belajar Peta Konsep Dalam Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Gerak Pada Tumbuhan di SMP Sancta Familia Sikumana Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)

Abstract

Model pembelajaran langsung merupakan suatu model pembelajaran yang dirancang khusus untuk menunjang pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural yang terstruktur dengan pola kegiatan yang bertahap, selangkah demi selangkah. Peta konsep merupakan suatu bagan skematik untuk menggambarkan suatu pengertian konseptual seseorang dalam suatu rangkaian pernyataan. Model pembelajaran langsung strategi belajar peta konsep dalam penelitian ini diterapkan pada materi pokok sistem gerak pada tumbuhan. Masalah pokok pada penelitian ini adalah apakah penerapan strategi belajar peta konsep dalam pembelajaran langsung efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem gerak pada tumbuhan di SMP Sancta Familia Sikumana Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan strategi belajar peta konsep dalam pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem gerak pada tumbuhan di SMP Sancta Familia Sikumana Kupang Tahun ajaran 2013/2014. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas VIII B. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest- Postest Design dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata ketuntasan belajar siswa perindividu, 80,21 (tuntas) dan secara klasikal, 91,67% (tuntas). Rerata indikator 0,84 (tuntas), dan 0,54 (sensitif) ≥ 0,30 sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 82,62% (baik), skor rarata guru dalam mengelola pembelajaran 3,54 (baik), dan reliabilitas instrumennya 92,09% (baik). Kesimpulan Penelitian ini adalah penerapan strategi belajar peta konsep dalam pembelajaran langsung efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem gerak pada tumbuhan di SMP Sancta Familia Sikumana Kupang Tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Langsung, Strategi Belajar Peta Konsep, Hasil belajar, Sistem Gerak pada Tumbuhan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 19 Oct 2022 05:48
Last Modified: 19 Oct 2022 05:48
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9590

Actions (login required)

View Item View Item