Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Stad Dan Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia di SMPK Sta Theresia “Disamakan” Kupang Tahun Ajaran 2014/2015

NADUT, Hendrina Priska (2014) Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Stad Dan Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia di SMPK Sta Theresia “Disamakan” Kupang Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (45kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (26kB)

Abstract

Tuntutan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Biologi di SMP dalam KTSP yaitu agar pelaksanaan pembelajaran IPA sebaiknya dilaksanakan dengan Inkuiry (ilmiah) dan melalui pemberian pengalaman belajar langsung melalui penguasaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah. Namun,berdasarkan realita yang terjadi dilapangan bahwa kegiatan belajar mengajar di kelas kurang termotivasi dan umumnya monoton, karena pembelajaran tersebut didominasi oleh aktivitas guru dalam mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan pembelajaran Coopertif Learning STAD dengan strategi pembelajaran Ekspositori. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September di SMPK Sta. Theresia “Disamakan” Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen menggunakan model pretest-postest non equivalen control group design. Analisis data dilakukan secara statistik dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai prasyarat untuk selanjutnya dapat dilakukan uji hipotesis yang taraf signifikannya yaitu 0,05 dan tingkat kepercayaan 95%. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai t hitung untuk data posttest adalah 2,97 sedangkan t tabel pada taraf signifikan α=5% maka nilai yang ditunjuk pada tabel t=2,00, sehingga diperoleh t hitung > t tabel ,maka H0 ditolak dan Ha diterima Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwan (i) ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif pendekatan STAD dengan strategi pembelajaran ekspositori (ii) model pembelajaran kooperatif pendekatan STAD lebih baik atau lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa untuk materi Sistem Gerak pada Manusia dibandingkan strategi pembelajaran Ekspositori

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, STAD, Ekspositori, Hasil Belajar, sistem gerak pada manusia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 19 Oct 2022 05:55
Last Modified: 19 Oct 2022 05:55
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9592

Actions (login required)

View Item View Item