APRIDA, Lediana (2014) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Ciri-Ciri Makhluk Hidup di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (429kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (175kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (164kB) |
Abstract
Pendidikan adalah salah satu bentuk perwujudan kebudayaan manusia yang dinamis dan syarat perkembangan. Oleh karena itu perubahan atau perkembangan pendidikan adalah hal yang memang seharusnya terjadi sejalan dengan perubahan budaya kehidupan manusia. Dalam dunia pendidikan saat ini ditemukan berbagai kendala dalam proses pembelajaran. Demikian pula yang dialami oleh SMP Surya Mandala Kupang, terdapat kendala dalam proses pembelajaran Biologi seperti kurangnya antusiaisme siswa untuk belajar dan siswa kurang serius dalam memperhatikan penjelasan yang diberikan oleh guru serta rata-rata nilai ulangan harian maupun ujian siswa kurang memuaskan dan belum memenuhi harapan, hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor antara lain: faktor internal maupun faktor eksternal. Salah satu model pembelajaran yang dapat membangkitkan semangat belajar siswa adalah model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan TPS. Pendekatan ini melibatkan siswa dalam mendalami materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir sendiri dan berdiskusi secara berpasangan serta membagi pengalaman mereka kepada teman-temannya di dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa kelas VII Pada Materi Pokok Ciri-ciri Makhluk Hidup Di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2014/2015. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas VII. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata ketuntasan belajar siswa perindividu 83,25 (tuntas) dan secara klasikal 95% (tuntas). Rerata proporsi indikator 0,87 (tuntas), dan sensitivitas butir soal 0,50 ≥ 0,30 (sensitif) sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 95.53% (baik), skor rerata guru dalam mengelola pembelajaran 3,67 (baik), dan reliabilitas instrumennya 99.7%(baik). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Think Pair Share efektif terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII pada materi pokok ciri-ciri Makhluk Hidup di SMP Surya Mandala Kupang Tahun ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 19 Oct 2022 06:04 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 06:04 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9597 |
Actions (login required)
View Item |