Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup di SMPK St.Theresia “Disamakan” Kupang Tahun Ajaran 2014/2015

ELPHIA, Maria Angelita H. (2014) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup di SMPK St.Theresia “Disamakan” Kupang Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (47kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (36kB)

Abstract

Pendidikan merupakan faktor penting bagi kelangsungan hidup suatu bangsa serta menciptakan manusia yang berkualitas dan berkarakter sehingga memiliki pandangan yang luas kedepan untuk mencapai suatu cita-cita yang diharapkan. Kendala utama dalam proses belajar mengajar adalah terdapat beberapa siswa yang kurang antusias untuk belajar, siswa kurang serius dalam memperhatikan penjelasan yang diberikan oleh guru dan kurangnya kerja sama antar siswa. Hal ini yang menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup di SMPK St. Theresia “Disamakan” Kupang tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMPK St. Theresia “Disamakan” Kupang dengan subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C yang berjumlah 28 orang. Analisis data menggunakan karakteristik analisis data hasil belajar siswa dan analisis instrumen evaluasi. Berdasarkan hasil analisis data secara statistik deskriptif menunjukkan bahwa: 1) Rerata ketuntassan belajar siswa perindividu 84,82, (2) Ketuntasan klasikal 92,85%, (3) Rerata indikator 0,86, (4) Sensitivitas butir soal 0,57. Dari hasil analisis di atas disimpulan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif melalui Pendekatan Two Stay Two Stray efektif terhadap hasil belajar siswa SMP kelas VIII pada materi pokok pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup di SMPK St.Theresia “Disamakan” Kupang Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Penerapan, Model Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan Two Stay Two Stray, Hasil Belajar, Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 19 Oct 2022 06:05
Last Modified: 19 Oct 2022 06:05
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9598

Actions (login required)

View Item View Item