Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia di SMP Reformasi Plus Noelbaki Kabupaten Kupang Tahun Ajaran 2014/2015

PAYONG, Maria Karolina Ina (2014) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia di SMP Reformasi Plus Noelbaki Kabupaten Kupang Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (167kB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Masalah yang dihadapi di SMP Reformasi Plus Noelbaki Kabupaten Kupang adalah rata-rata nilai ujian akhir yang masih sangat rendah dan belum memenuhi harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan jigsaw efektif terhadap hasil belajar siswa Kelas VIII pada materi pokok sistem gerak pada manusia di SMP Reformasi Plus Noelbaki Kabupaten Kupang tahun ajaran 2014/2015. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan rerata hasil belajar siswa per individu 82 (tuntas) dan secara klaksikal 92% (tuntas). Rerata proporsi indikator 0,83 (tuntas) dan rerata sensitivitas butir soal 0,49 (sensitif). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan jigsaw efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem gerak pada manusia di SMP Reformasi Plus Noelbaki Kabupaten Kupang tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model pembelajaran kooperatif, Pendekatan jigsaw, Hasil Belajar dan Sistem Gerak Pada Manusia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 19 Oct 2022 06:06
Last Modified: 19 Oct 2022 06:06
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9599

Actions (login required)

View Item View Item