Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia di SMPK Diakui St.Yosef Weluli Kabupaten Belu Tahun Ajaran 2014/2015

BAU, Maria Natalia (2014) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia di SMPK Diakui St.Yosef Weluli Kabupaten Belu Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (19kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (19kB)

Abstract

Masalah pokok dalam pembelajaran pendidikan formal dewasa ini adalah masih rendahnya daya serap peserta didik terhadap materi ajar. Rendahnya hasil belajar peserta didik ini merupakan hasil dari proses pembelajaran yang masih bersifat konvensional, karena aktivitas proses belajar mengajar merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan dimana guru sebagai pemegang peranan utama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif melalui pendekatan Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem gerak pada manusia di SMPK diakui St. Yosef Weluli Kabupaten Belu Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Data dikumpul melaui observasi dan pemberian tes, dan dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan (1) Hasil belajar siswa perindividu mencapai rata-rata 84,2; (2) hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 100% (Tuntas); (3) ketuntasan indikator rata-rata 0,83 (tuntas); (4)Sensitivitas butir soal 0,54 (baik); (5) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kategori baik dengan skor ratarata adalah 3,75; (6) Persentase aktivitas siswa dengan aktivitas yang paling menonjol adalah berdiskusi dan mengerjakan LKS 26,48. Kesimpulannya yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif melaluhi pendekatan Numbered heads together efektif terhadap hasil belajar siswa kelasVIII pada materi pokok sistem gerak pada manusia di SMPK Diakui St. Yosef Weluli tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, model pembelajaran kooperatif, pendekatan Numbered Heads Together, Materi Pokok sistem gerak pada manusia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 19 Oct 2022 06:07
Last Modified: 19 Oct 2022 06:07
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9600

Actions (login required)

View Item View Item