Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Teams Assisted Individualization (TAI) Dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VIII Materi Pokok Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Di SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2013/2014

BOLI, Maria Oktaviani Abon (2014) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Teams Assisted Individualization (TAI) Dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VIII Materi Pokok Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Di SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (177kB)

Abstract

Dalam proses pendidikan keberhasilan pengajaran di lembaga pendidikan tergantung pada keefektifan pembelajaran dalam mengubah tingkah laku para peserta didik ke arah tujuan yang diharapkan. Proses pembelajaran saat ini memerlukan sebuah strategi belajar mengajar baru yang lebih menekankan pada partisipasi peserta didik (student oriented). Karena itu, diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Salah satu model pembelajaran yang bisa mengaktifkan siswa dalam pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif pendekatan Teams Assisted Individualization (TAI). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Teams Assisted Individualization (TAI) dalam pembelajaran Biologi siswa kelas VIII materi pokok system peredaran darah pada manusia di SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan desain penelitiannya adalah One Group Pretest-Posttest Design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB. Berdasarkan analisis hasil belajar, dapat diketahui bahwa (1) Rata-rata hasil belajar siswa pada pretest 41,87% dan posttest 85,94%. Dari hasil ini diketahui peningkatan sebesar 44,04% (2) ketuntasan hasil belajar berdasarkan acuan DEPDIKNAS 2006 dan sesuai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sekolah menunjukkan bahwa dari 16 orang peserta yang menjadi subyek penelitian, satu siswa dinyatakan tidak tuntas berdasarkan acuan Depdiknas 2006 dan berdasarkan KKM SMPK Adisucipto Penfui Kupang. Ini menunjukkan ketuntasan klasikal 93,75%(3) Rata-rata ketuntasan indikator 0,82 (4) Sensitivitas butir soal 0,42 (5) Kemampuan guru termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata 3,943 (6) Aktivitas siswa baik dengan aktivitas paling menonjol adalah berdiskusi dan mengerjakan tugas-tugas dalam LKS dengan rata-rata persentase dalam dua kali pertemuan yaitu 25,60% dan 22,53%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Teams Assisted Individualization Efektif Dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Peredaran Darah pada Manusia di SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Teams Assisted Individualization (TAI)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 19 Oct 2022 06:09
Last Modified: 19 Oct 2022 06:09
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9601

Actions (login required)

View Item View Item