AFOAN, Maria Yasinta (2014) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Think Pair Share (TPS) Dalam Pembelajaran Biologi Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia Siswa Kelas VIII di SMPK Adisucipto Penfui- Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (240kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (161kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (137kB) |
Abstract
Dalam upaya menyiapkan sumber daya peserta didik yang berkualitas, dan merupakan salah satu wadah yang berfungsi sebagai alat untuk membangun sumber daya manusia adalah pendidikan. Peningkatan kualitas pendidikan dalam proses pembelajaran tentunya tidak terlepas dari peran guru sebagai motivator, yang mampu menerapkan model-model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga hasil belajar yang diperoleh peserta didik meningkat. Salah satu Model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran adalah model pembelajara kooperatif Pendekatan TPS. model pembelajara kooperatif Pendekatan TPS ini dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dalam mendalami materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan memberi kesempatan kepada siswa untuk, berpikir, berdiskusi secara berpasangan dan membagi pengalaman mereka kepada teman di dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Think Pair Share dalam pembelajaran biologi siswa kelas VIII materi pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia Di SMPK Adisucipto Penfui-Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMPK Adisucipto Penfui-Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas VIII A. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata ketuntasan belajar siswa perindividu 83,13 (tuntas) dan secara klasikal 87,50% (tuntas). Rerata proporsi indikator 0,83 (tuntas), dan sensitivitas butir soal 0,49 ≥ 0,30 (sensitif) sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 95,96 (baik), skor rerata guru dalam mengelola pembelajaran 3,68 (baik), dan reliabilitas instrumennya 99,75 (baik). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Think Pair Share efektif dalam pembelajaran biologi materi pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia siswa kelas VIII di SMPK Adisucipto Penfui-Kupang Tahun Ajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Penerapan, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share, Hasil Belajar Siswa, Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 21 Oct 2022 01:54 |
Last Modified: | 21 Oct 2022 01:54 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9604 |
Actions (login required)
View Item |